Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match pada Bidang Studi Matematika Kelas VII SMP Negeri 1 Tarusan Tahun Pelajaran 2010/2011.

Nurwahyuni HP., Aristiyani (2011) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match pada Bidang Studi Matematika Kelas VII SMP Negeri 1 Tarusan Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ARISTIYANI NURWAHYUNI HP_72958_2011.pdf] Text
final_B1_ARISTIYANI NURWAHYUNI HP_72958_2011.pdf

Download (134kB)

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Tarusan masihbelum sesuai dengan standar yang ditetapkan sekolah. Terlihat bahwa pembelajaranmasih atSiswa selalu mengandalkan guru sebagai sumber informasi dan kurangnyakeaktifan siswa. Hal ini menyebabkan interaksi siswa dengan temannya masihrendah karena belum adanya saling berbagi pengetahuan tentang pelajaran yangmereka miliki. Salah satu upaya yang diperkirakan mampu mengatasi permasalahanini adalah dengan diterapkannya pembelajaran aktif tipe index card match (ICM).Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan aktivitas belajar danmembandingkan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran aktiftipe ICM dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hipotesis dalampenelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategipembelajaran aktif tipe index card match lebih baik daripada hasil belajar siswayang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 1Tarusan.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif untuk mengamati aktivitasbelajar dan eksperimen dengan rancangan randomized control group only desainuntuk mengamati hasil belajar siswa. Sampel dipilih dengan teknik purposivesampling dari populasi penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tarusantahun pelajaran 2010/2011, sehingga diperoleh kelas VII.2 sebagai kelaseksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol yang memilki kemampuamakademik hampir sama. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembarobservasi dan tes akhir belajar berupa soal essay. Data hasil belajar dianalisisdengan menggunakan uji t pada tingkat signifikansi α = 0,05.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel, maka hipotesispenelitian diterima. Dengan demikian, hasil belajar matematika siswa yangmenggunakan pembelajaran aktif tipe ICM lebih baik daripada hasil belajar siswayang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil analisis lembar observasimenunjukkan bahwa secara umum siswa lebih aktif selama penerapan strategipembelajaran aktif tipe ICM.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN, MATEMATIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:29
Last Modified: 10 Nov 2025 08:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28698

Actions (login required)

View Item
View Item