Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflection, Recite, Review) dengan Metode Diskusi pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 9 Padang dan SMA Negeri 8 Padang

Angreani, Yulia (2014) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflection, Recite, Review) dengan Metode Diskusi pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 9 Padang dan SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YULIA_ANGREANI_13347_921_2014.pdf] Text
final_B1_YULIA_ANGREANI_13347_921_2014.pdf

Download (537kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflection, Recite, Review) dengan Metode Diskusi pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 9 Padang dan SMA Negeri 8 Padang. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang dan SMA Negeri 8 Padang. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga diambil dua sampel yaitu kelas X.1 di SMA Negeri 9 Padang, dan siswa kelas X.4 di SMA Negeri 8 Padang. Siswa Kelas X 1 SMA Negeri 9 Padang sebagai kelas eksperimen dengan diberi perlakuan menggunakan metode PQ4R dan kelas X.4 SMA Negeri 8 Padang sebagai kelas kontrol dengan perlakukan menggunakan metode diskusi dalam proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah tes awal dan tes akhir belajar siswa yang sebelumnya telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yaitu melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen dengan menggunakan metode PQ4R 81,25 dan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi 76,81. Dari hasil uji hipotesis terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan metode PQ4R dengan metode diskusi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan metode PQ4R berbeda dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode diskusi. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru-guru khususnya guru mata pelajaran Ekonomi untuk dapat mempertimbangkan penggunaan metode PQ4R dalam proses pembelajaran karena penggunaan metode PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR EKONOMI, PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECTION, RECITE, REVIEW)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:28
Last Modified: 10 Nov 2025 08:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28695

Actions (login required)

View Item
View Item