Menumbuhkan Motivasi Pengenalan Konsep Membaca pada Anak Melalui Kartu Bergambar di TK Perwari II Padang

Zuhaimi, Zuhaimi (2011) Menumbuhkan Motivasi Pengenalan Konsep Membaca pada Anak Melalui Kartu Bergambar di TK Perwari II Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZUHAIMI_10529_4049_2011.pdf] Text
final_B1_ZUHAIMI_10529_4049_2011.pdf

Download (169kB)

Abstract

Kemampuan membaca anak dalam mengenal konsep membaca anak di TK
Perwari II Masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendapatkan informasi
tentang peningkatan motivasi pengenalan konsep membaca pada anak melalui media
kartu bergambar, 2) memperkaya perbendaharaan kata bagi anak, 3) memberi
pemahaman kepada anak tentang konsep huruf, 4) memupuk perhatian dan perasaan
senang terhadap permainan yang disajikan, 5) melihat peningkatan kemampuan anak
dalam menyusun kalimat yang baik melalui permainan kartu bergambar
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas dengan subjek penelitian anak TK Perwari II Padang yang berjumlah sebanyak 12
orang anak, dengan menggunakan metode praktek langsung, teknik yang digunakan
dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan format hasil penelitian anak,
selanjutnya diolah dengan teknik persentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan membaca anak mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Dengan demikian disimpulkan bahwa
Perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun sangat cepat, kemampuan mereka menyerap
dan mengingat pembicaraan orang lain disekitarnya sangat tinggi sehingga periode ini
disebut periode merekam, berbicara merupakan tuntutan kebutuhan hidup manusia
sebagai makluk sosial, manusia akan berkomunikasi dengan orang lain dengan
menggunakan bahasa sebagai alat utama. Melalui kartu bergambar kosa kata anak akan
bertambah dan pengetahuan anak tentang bahasa untuk berkomunikasi degan teman
sebaya dan lingkungan lebih meningkat, kemampuan membaca anak meningkat hal ini
terlihat bahwa pada siklus I kemampuan membaca anak baru mencapai 45,8% ternyata
pada siklus II meningkat menjadi 87,5% berarti metode kartu bergambar dapat
meningkatkan kemampuan membaca anak, Sehubungan dengan sering diberikanya
kesempatan anak dalam membaca yang sudah dibacakan guru, juga menceritakan
pengalamannya dan menceritakan gambar yang disediakan guru maka keterampilan
membaca anak meningkat.
Jadi dapat disimpulkan bahwa permainan kartu bergambar dapat digunakan
sebagai media dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan membaca anak di
TK dengan menggunakan media gambar yang menarik bagi Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 07 Nov 2025 10:15
Last Modified: 07 Nov 2025 10:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28642

Actions (login required)

View Item
View Item