Tika, Zuel Esa (2011) Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X1 SMAN 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ZUEL_ESA_TIKA_73717_1992_2011.pdf
Download (203kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada
mata pelajaran ekonomi melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Square (TPSq) pada siswa kelas X1
SMA N 1 Lintau Buo Kabupaten
Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan
subjek penelitian adalah siswa kelas X1 yang berjumlah sebanyak 37 orang siswa
dan terdiri dari 13 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Data penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang digunakan untuk
melihat perubahan aktivitas belajar siswa pada siklus I sampai dengan siklus IV.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase aktivitas belajar
siswa yang sangat menggembirakan. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus
I sebesar 50,19%, pada siklus II sebesar 63,71%, pada siklus III sebesar 77,14%
dan siklus IV sebesar 88,16%. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus
II yaitu sebesar 13,52%, dari siklus II ke siklus III sebesar 13,43%, dan dari siklus
III ke siklus IV sebesar 11,02%. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaan penelitian
diterapkan metode diskusi dalam bentuk metode pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Square (TPSq) yang menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
pembelajaran Think Pair Square (TPSq) dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X1 SMA N 1 Lintau Buo Kabupaten
Tanah Datar. Oleh karena itu, disarankan kepada guru agar dalam pelaksanaan
metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) diterapkan adanya
pemberian penguatan (reinforcement) kepada siswa untuk meningkatkan keaktifan
siswa dan perlunya intonasi suara yang jelas dalam menyajikan materi pelajaran.
Sehingga penerapan pembelajaran Think Pair Square (TPSq) ini dapat terlaksana
dengan baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 07:13 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 07:13 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28640 |
