Penerapan Strategi Active Learning dengan Menggunakan Metode Learning Start With Questions dalam Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas VIII4 SMP N22 Padang

Firmasari, Yuli (2010) Penerapan Strategi Active Learning dengan Menggunakan Metode Learning Start With Questions dalam Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas VIII4 SMP N22 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YULI_FIRMASARI_65154_2010.pdf] Text
final_B1_YULI_FIRMASARI_65154_2010.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa penerapan strategi active learning dengan menggunakan metode learning start with questions dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Ekonomi di Kelas VIII4 SMP N22 Padang:. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dngan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII4 SMP N22 Padang yang berjumlah 36 orang siswa terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa pada siklus I dan II selama penerapan strategi active learning dengan menggunakan metode learning start with questions. Data yang diperoleh diolah dengan teknik persentase. Dan melalui pemberian tes untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II terlihat adanya peningkatan yaitu yang memperhatikan penjelasan guru meningkat 19%, membaca materi pelajaran meningkat 15%, menulis pertanyaan meningkat 16%, bertanya mengenai materi pelajaran meningkat 29%, aktif berdiskusi dengan teman kelompok meningkat 9%, menjawab pertanyan saat diskusi meningkat 33%, memperhatikan dan mendengarkan jawaban kelompok lain menigkat 13%, menanggapi jawaban kelompok lain meningkat 35%, mengikuti jalannya diskusi secara keseluruhan menigkat 16%, dan menyimpulkan dan mencatat tentang materi pelajaran yang telah didiskusikan meningkat 21%. Hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II juga mengalami penigkatan. Dimana pada siklus I 22 orang siswa (61%) tuntas dalam belajar dengan rata-rata nilai 62, 78, dan 14 orang siswa (39%) lagi tidak tuntas dalam belajar. Pada siklus II naik dari 36 orang siswa yang mengikuti tes 31 orang siswa (86%) tuntas dalam belajar dengan rata-rata nilai 75, 28, dan 5 orang siswa lagi (14%) tidak tuntas dalam belajar. Ini berarti terjadi peningkatan terhadap siswa yang tuntas dan terjadi penurunan terhadap siswa yang tidak tuntas. Akhirnya disarankan kepada guru-guru SMP N 22 Padang untuk dapat menerapkan strategi active learning dengan menggunakan metode learning start with questions sebagai salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajr siswa dalam mata pelajarn IPS Ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI ACTIVE LEARNING, METODE LEARNING START WITH QUESTIONS, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:55
Last Modified: 06 Nov 2025 03:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28578

Actions (login required)

View Item
View Item