Penggunaan Pendekatan Cotextual Teaching and Learning ( CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas V SD Negeri 14 Ganggo Mudiak Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman

Asman, Yuli (2011) Penggunaan Pendekatan Cotextual Teaching and Learning ( CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas V SD Negeri 14 Ganggo Mudiak Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YULI_ASMAN_88200_1168_2011.pdf] Text
final_B1_YULI_ASMAN_88200_1168_2011.pdf

Download (229kB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa Sekolah Dasar. Dalam Pembelajaran IPS memuat materi Geografi, Ekonomi, Sosiologi dan Sejarah. Berdasarkan refleksi awal diperoleh informasi bahwa hasil belajar IPS kelas V SD Negeri 14 Ganggo Mudiak Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman, belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ). Hal ini disebabkan guru belum memilih dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang tepat. Penggunaan pendekatan Kontekstual merupakan salah satu pendekatan alternatif untuk menigkatkan hasil belajar IPS siswa. Karena pendekatan Kontekstual merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran, dimana proses pembelajaran berlangsung secara alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 14 Ganggo Mudiak yang berjumlah 12 orang siswa. Ada dua sumber data penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Data yang diperoleh dari hasil observasi, tugas atau laporan tertulis dan hasil tes merupakan data primer, sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh sebelum tindakan. Hasil penelitian yaitu hasil belajar IPS pertemuan I siklus I dengan Ketuntasan Belajar 50 % dan pertemuan II siklus I dengan Ketuntasan Belajar 67 %. Namun hasil tersebut belum memenuhi KKM yang sudah ditetapkan yaitu 70 %. Pada Siklus II hasil belajar siswa meningkat yaitu 91 % atau dengan kategori sangat baik, dengan demikian pendekatan kontekstual dapat meningkatkan proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, HASIL BELAJAR IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:55
Last Modified: 06 Nov 2025 03:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28573

Actions (login required)

View Item
View Item