Regia, Onixa Prima (2011) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Iuas Persegi dan Persegi Panjang dengan Penggunaan Model Kaoperatif Tipe Think Pair Share di Kelas IlI SDN No. 16 Surau Gadang Kec. Nanggalu Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ONIYA_PRIMA_REGINA_90852_2011.pdf
Download (382kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti di SD N 16 Surau Gadang Kec.Nanggalo Kota Padang dalam mengajarkan matematika masih bersifatkonvensional, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran matematikakhususnya pada Kompetensi Dasar Menghitung Luas Persegi dan Persegi Panjangdengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan modelkooperatif tipe Think Paire Share. Langkah-langkah model kooperatif tipe ThinkPaire Share yaitu: (1) Tahap Think (berfikir) mengajukan pertanyaan danmemilih jawaban, (2) Tahap Paire (diskusi) berdiskusi dengna pasangan untukmemikirkan jawababn, (3) Tahap Share (berbagi) menyampaikan jawabandidepan kelas serta memberikan pendapat. Tujuan dari penelitian tindakan kelasini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan danpenilaian hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif Think PaireShare pada pembelajaran Luas Persegi dan Persegi Panajang.Jenis penelitan ini adalah penelitian tindakan kelas (class room actionresearch), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Data penelitan ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperolehdari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes akhirpembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD N No. 16Surau Gadang Kec. Nanggalo Kota Padang terteliti yang berjumlah 39 orang.Hasil penelitian siklus I pertemuan I nilai rata-rata siswa hanya mencapai4,70 dan pertemuan kedua II nya 6,53 dengan ketuntasan belajar 61,5%sedangkan tes akhir siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi6,53 dan pertemuaan II nya sudah mencapai 7,22 dengan ketuntasan belajar87,1%. Berdasarkan hasil pengamaan terlihat peningkatan aktifitas dan hasilbelajar siswa dalam pembelajran Luas Persegi dan Persegi Panjang. Maka dapatdisimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajraan Kooperatif TipeThink Paire Share dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dalammeteri pembelajran Luas Persegi dan Persegi Panjang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR,MODEL KOOPERATIF |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:53 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:53 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28555 |
