Ricardo, Ongki (2011) Efektivitas Media CD Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VII Di SMPN 4 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ONGKI_RICARDO_79000_2011.pdf
Download (341kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP N 4 Kota Solok, terlihatproses belajar mengajar masih kurang berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikandengan kurangnya pemahaman serta bimbingan dalam penyampaian materi padamata pelajaran Fisika yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Media CD PembelajaranInteraktif pada mata pelajaran Fisika kelas VII di SMPN 4 Solok.Penelitian ini menggunakan pendekatan quasy experiment yang berbentukkuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 4 Kota Solok padatahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 5 kelas dan teknik penarikan sampelyang dilakukan adalah dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIIIC danVIIID masing-masingnya berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan datadigunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal dan alat pengumpuldata digunakan lembaran tes. Kemudian data diolah dengan menggunakan t-test.Menurut uji homogenitas tampak bahwa harga Chi Kuadrat (χ²) hitungadalah 0,76 sedangkan harga Chi Kuadrat (χ²) tabel adalah 3,841 pada tarafsignifikan α 0,05, maka Chi Kuadrat hitung < Chi Kuadrat tabel yaitu 0,76 <3,841. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data berasal dari kelompokyang homogen. Pengujian dengan tekhnik liliefors, kelas eksperimen mempunyaiLhitung = 0,0628 sedangkan Ltabel dengan n=34 adalah 0,1380 untuk tarafsignifikan α 0,05. Sedangkan pada kelas kontrol ditemukan bahwa hasil untukLhitung 0.1176 dan untuk Ltabel dengan n=34 adalah 0.1380 untuk tarafsignifikan α 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal.Berdasarkan hasil penelitian terlihat rata-rata nilai dari pembelajaran yangmenerapkan CD Pembelajaran Interaktif (70) lebih tinggi dibandingkan denganpembelajaran yang menerapkan metode konvensional (61,40). Dari perhitungan ttest diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (2,04 > 2,00) jadi terdapat perbedaanyang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan CD PembelajaranInteraktif dengan yang menggunakan metode konvensional pada taraf signifikan α0,05.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MEDIA CD PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN INTERAKTIF, PELAJARAN FISIKA |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:49 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:49 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28528 |
