Riyanti, Opirias (2011) Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV A SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_OPIRIAS_RIYANTI_07529_1231_2011.pdf
Download (377kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kegiatan pembelajaran di SD bahwapembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi dan modelpembelajaran yang digunakan pada umumnya bersifat konvensional, sehinggaproses pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan hasil belajar yang dicapaikurang memuaskan. Berdasarkan data nilai ujian mid semester I PKn kelas IV,masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah standar. Dari itu penelitimelalui penelitian tindakan kelas ini ingin bertujuan meningkatkan hasil belajarPKn melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas IV A SDNegeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang.Pelaksanaan pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsawyaitu dengan langkah-langkah : pertama sekali membaca topik pada kelompokkelompok kooperatif asal yang sudah dibentuk secara heterogen, lalu diskusi didalam kelompok ahli, kemudian masing-masing wakil kelompok ahli melaporkanhasil diskusinya, tes secara individual mengenai seluruh topik dan terakhirpenghargaan kelompok yang memiliki nilai tertinggi. Melalui pembelajaranseperti itu menuntut siswa untuk menguasai seluruh topik yang dipelajari. Adapunanalisis data yang dilaksanakan mencakup data kualitatif yang didapat selamaproses pembelajaran dan data kuantitatif berupa angka-angka dari hasil penilaian.Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat bahwa hasilpenilaian RPP, hasil penilaian pelaksanaan dan belajar siswa meningkat darisiklus I ke Siklus II. Penilaian RPP pada siklus I 91.66% meningkat pada siklus IImenjadi 95.83%, penilaian pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru jugameningkat dari 90.9% menjadi 97.72%, begitu juga dari aspek siswa meningkatdari 84.09% menjadi 95.45%. Nilai rata-rata siswa pada skor dasar 63,44% setelahdiadakan tindakan pada siklus I meningkat dengan rata-rata 69,68%. Kemudiandiadakan lagi tindakan pada siklus II dengan rata-rata nilai siswa mencapai83,43%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajarankooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD.Oleh sebab itu, disarankan agar guru dapat melaksanakan proses pembelajarankooperatif tipe Jigsaw ini dengan tujuan untuk meningkatkan hasil dan minatbelajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PENDEKATAN COOPERATIVE, HASIL BELAJAR SISWA |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 10:16 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 10:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28502 |
