Fajri, Rahmi (2011) Hubungan Antara Peranan Orangtua dengan Kegiatan Belajar Siswa di Rumah: Studi terhadap Siswa SMP Negeri 3 Baso. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RAHMI_FAJRI_83230_4601_2011.pdf
Download (393kB)
Abstract
Orangtua merupakan lingkungan pertama yang mempengaruhi kegiatan
belajar anak. Peran orangtua yaitu memberikan perhatian, membantu anak
mengatasi belajar kesulitan dalam belajar, memberikan motivasi dan menyediakan
sarana dan prasarana belajar. Kegiatan belajar mencakup persiapan belajar dan
kegiatan pasca belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan
bagaimana hubungan peranan orangtua dengan kegiatan belajar siswa SMP
Negeri 3 Baso ketika berada di rumah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Subjek
penelitian adalah siswa SMP Negeri 3 Baso yang terdaftar pada tahun pelajaran
2010/2011 dengan jumlah 105 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan
menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi
Pearson Product Moment dengan bantuan program Statistical Product and
Service Solution for Windows Release 15.00.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa 1) orangtua memiliki peranan
yang baik dalam kegitan belajar siswa meliputi memberikan perhatian, membantu
anak mengatasi kesulitan belajar, memberikan motivasi dan menyediakan sarana
prasarana belajar anak, 2) siswa memiliki kegiatan belajar yang baik di rumah
meliputi persiapan ketika akan mengikuti belajar di sekolah dan kegiatan setelah
mengikuti belajar di sekolah, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara peranan
orangtua dengan kegiatan belajar siswa SMP Negeri 3 Baso di rumah.
Dengan demikan, dapat disimpulkan bahwa semakin baik peranan
orangtua maka semakin baik pula kegiatan belajar siswa di rumah. Berdasarkan
temuan penelitian ini diharapkan kepada guru pembimbing dan pihak sekolah agar
dapat membina kerjasama dengan orangtua siswa untuk meningkatkan peranan
orangtua dalam membina kegiatan belajar siswa di rumah sehingga siswa dapat
memperoleh hasil belajar yang tinggi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PERANAN ORANGTUA |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
| Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 10:14 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 10:15 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28492 |
