Ondra, Ondra (2009) Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Kata Kerja melalui Komunikasi Total (Komtal) bagi Anak Tunarungu (PTK Kelas D III B SLB Uluran Kasih Limbanang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ONDRA_71992_05_09.pdf
Download (169kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi dilapangan yaitu anak tunarungu tidak memahami konsep kata kerja. Hal ini terlihatdari kemampuan awal anak yang tidak mampu mengucapkan kata kerja, tidakmampu meragakan dengan perbuatan tentang kata kerja, dan ketidak mampuanmengisyaratkan kata kerja dengan ucapan, mimik dan isyarat secara serempak.Sehingga anak keliru dalam melakukan perintah yang diberikan.Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahamankonsep kata kerja melalui komunikasi total bagi anak tunarungu. Subyekpenelitian adalah tiga anak tunarungu kelas DIII SLB Uluran Kasih Limbanang.Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas, yangdilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan teman sejawat. Upaya meningkatkankemampuan pemahaman konsep kata kerja adalah dengan menggunakankomunikasi total (KOMTAL).Setelah melakukan intervensi atas tiga siklus. Siklus I tindakan melakukankomtal dengan menggunakan gambar dan kartu kata. Hasil yang dicapai anakmampu melafalkan dan mengisyartakan kata kerja tapi masih sering terjadikesalahan. Pada siklus II tindakan dilakukan dengan bermacam latihan dangambar berwarna cerah. Kemampuan pemahaman anak tentang konsep kata kerjaterus meningkat tapi belum optimal. Pada siklus III tindakan dilengkapi dengangambar bergerak atau film maksudnya agar kata kerja yang dimaksud dapatdijelaskan secara berulang-ulang. Pada siklus III anak telah mampu memahamikonsep kata kerja dengan komunikasi total (KOMTAL). Berdasarkan hasilpenelitian, disimpulkan bahwa dengan komunikasi total dapat meningkatkanpemahaman konsep kata kerja bagi anak tunarungu. Dari hasil yang diperolehtersebut disarankan pada guru di sekolah untuk menggunakan komunikasi total(KOMTAL) dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran kata kerja bagiAnak Tunarungu.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN PEMAHAMAN, KOMUNIKASI TOTAL |
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 10:12 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 10:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28487 |
