Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Lasi Kabupaten Solok

Audina, Bivalia (2016) Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Lasi Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_BIVALIA_AUDIA_1202927_4706_2016.pdf] Text
B1_05_BIVALIA_AUDIA_1202927_4706_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kompetensi IPA siswa.Salah satu penyebabnya ialah kurangnya pemahaman dan ketertarikan siswadalam pelajaran IPA karena siswa kurang berani bertanya dan menerima saja apayang diterangkan oleh guru. Salah satu alternatif yang digunakan untuk mengatasipermasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran ARIAS(Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Statisfaction) yang diharapkanmampu membangkitkan rasa percaya diri dan minat siswa sehinggamembangkitkan rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran. Tujuan penelitianadalah untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadapkompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Lasi Kabupaten Solok.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (QuasiExperiment Research) dengan rancangan Randomized Control Group OnlyDesign. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 SungaiLasi yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampeldilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian adalahkelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Datapenelitian meliputi tiga kompetensi yaitu kompetensi pengetahuan, kompetensisikap, dan kompetensi keterampilan. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajaruntuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi sikap untuk kompetensi sikap,dan lembar penilaian kinerja untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis datamenggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05.
Berdasarkan analisis data diperoleh untuk kompetensi pengetahuan, sikap,dan keterampilan kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai variansyang homogen, sehingga dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t. Darihasil perhitungan didapatkan nilai thitung untuk kompetensi pengetahuan yaitu 2,15,kompetensi sikap yaitu 1,83, dan kompetensi keterampilan ialah 3,22 dengan nilaittabel = 2,02. Keeratan hubungan antara model pembelajaran ARIAS dengan hasilbelajar kompetensi pengetahuan r = yang berarti keeratan hubungan antaramodel pembelajaran ARIAS dengan hasil belajar kompetensi pengetahuan adalahkuat. Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai uji t kompetensi pengetahuan danketerampilan berada di luar penerimaan Ho sedangkan kompetensi sikap beradapada daerah penerimaan Ho. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkanbahwa terdapat pengaruh yang berarti dari penerapan model pembelajaran ARIAS(Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Statisfaction) terhadap pencapaiankompetensi IPA dalam aspek pengetahuan dan keterampilan namun tidak dalamaspek sikap siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Lasi Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran ARIAS Pencapaian kompetensi IPA Motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 05 Nov 2025 10:10
Last Modified: 05 Nov 2025 10:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28466

Actions (login required)

View Item
View Item