Amalianita, Berru (2019) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Asertivitas Siswa Guna Mencegah Penyalahgunaan Narkoba. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_BERRU_AMALIANITA_16006116_1271_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penyalahgunaan Narkoba dikalangan remaja dewasa ini cenderung meningkat. Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah dengan peningkatan asertivitas melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan asertivitas siswa guna mencegah penyalahgunaan narkoba.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Menggunakan metode penelitian Experiment dengan menggunakan one group pretest dan posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX Mekatronika SMKN 1 Sumatera Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signde Ranks Test.
Hasil Penelitian menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapatmeningkatkan asertivitas untuk mencegah penyalahgunaan narkoba. Secara khusustemuan dari penelitian ini yaitu: Terdapat perbedaan yang signifikan asertivitas siswasebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Hal ini menunjukkanbahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan asertivitas siswaguna mencegah penyalahgunaan narkoba. Dengan demikian guru bimbingan dankonseling diharapkan dapat mencegah penyalahgunaan narkoba denganmeningkatkan asertivitas siswa melalui layanan bimbingan kelompok yang tentunyatidak terlepas dari bantuan berbagai pihak terkait.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Layanan Bimbingan Kelompok Asertivitas,Penyalahgunaan Narkoba |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
| Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 10:10 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 10:10 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28459 |
