Amandha, Berliana (2020) Self-Efficacy Akademik dilihat dari Motivasi Belajar Siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_BERLIANA_AMANDHA_16006006_3417_2020.pdf
Download (2MB)
Abstract
Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalahEfikasi diri (Self-efficacy) yaitu mengacu pada keyakinan akan suatu kemampuanyang dimiliki oleh individu untuk dapat memenuhi tuntutan terhadap situasi yangsedang dihadapi oleh individu. Keyakinan siswa terhadap kemampuannya sendiridalam melaksanakan kegiatan belajar disebut dengan self-efficacy akademik.Penelitian ini bertujuan : (1) mendeskripsikan self-efficacy akademik siswa yangmemiliki motivasi belajar tinggi, (2) mendeskripsikan self-efficacy akademik siswayang memiliki motivasi belajar rendah, (3) mendeskripsikan perbedaan yangsignifikan antara self-efficacy akademik siswa yang memiliki motivasi belajar tinggidan rendah.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah pada kelas VII dan VIII di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Sampel sebanyak 146 orang, dipilih dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Instrument yang digunakan adalah angket dengan model skala likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan chi-square.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa Self-efficacy akademik memiliki motivasi belajar tinggi di SMP Pembangunan Laboratorium UNP tergolong tinggi, self-efficacy akademik siswa memiliki motivasi belajar rendah di SMP Pembangunan Laboratorium UNP yang tergolong rendah dan analisis chi-square mengungkapkan bahwa terdapat perbedaaan yang antara self-efficacy akademik tinggi dan rendah siswa dengan motivasi belajar tinggi dan rendah di SMP Pembangunan Laboratorium UNP.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar Self-Efficacy Akademik |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
| Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 10:10 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 10:10 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28458 |
