Yolanda, Asri (2009) Pengaruh Nilai Ujian Akhir Nasional Matematika Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi dalam Rumpun Mata Kuliah Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ASRI_YOLANDA_65021_2009.pdf
Download (200kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh nilai Ujian Akhir
Nasional Matematika terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan
Ekonomi dalam rumpun mata kuliah Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Padang.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program Studi Pendidikan Ekonomi,
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Sampel diambil berdasarkan
purposive sampling sehingga diperoleh 59 orang responden. Analisis yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial
terdiri atas analisis regresi dan uji hipotesis. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t
pada alpha 5% dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi
15.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan
antara nilai Ujian Akhir Nasional Matematika terhadap hasil belajar mahasiswa
Program Studi Pendidikan Ekonomi dalam rumpun mata kuliah Akuntansi di
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Uji hipotesis diperoleh t hitung < t
tabel sig = 0,883 > α 0,05 atau t hitung = 0,148 < t tabel = 2,0025 sehingga menerima
hipotesi nol. Tingkat pengaruh nilai Ujian Akhir Nasional Matematika terhadap
hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang
sebesar 0,005. Tidak diterimanya hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
karena belum diketahui proporsi hitungan Arimatika di dalam nilai Ujian Akhir
Nasional Matematika, adanya masa peralihan dan adaptasi dari cara belajar pada
tingkat pendidikan menengah ke tingkat pendidikan tinggi dan dipengaruhi oleh
faktor lain yang juga mempengaruhi hasil belajar dalam rumpun mata kuliah
Akuntansi.
Penelitian selanjutnya dengan mencari dan menguji adanya variabel
intervening dan moderating akan menyediakan pemahaman yang lebih kuat dan
komprehensif dalam upaya perancangan sistem pengajaran di program Studi
Pendidikan Ekonomi keahlian Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Padang agar lebih tepat sasaran, efisien dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 10:06 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 10:06 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28435 |
