Yuharni, Yuharni (2011) Pengaruh penguatan dari guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa di SMK N I Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YUHARNI_08067_5093_2011.pdf
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh penguatan dari guru terhadap hasil belajar kewirausahaan. (2) Pengaruh penguatan dari guru melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan. (3) Pengaruh motivasi belajar melalui penguatan dari guru terhadap hasil belajar kewirausahaan. (4) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan di SMK N I Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriftif kuantitatif. Penelitian Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penguatan dari guru (X1 ) dan motivasi belajar (X2 ), sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kewirausahaan (Y). Data merupakan data primer yang diperoleh langsung melalui kuesioner dan data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N I Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 218 orang. Penelitian ini menggunakan teknik Proportional Random Sampling untuk mendapatkan sampel, sehingga diperoleh sampel 69 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis Induktif dengan હ = 0,05. Rata-rata penguatan guru yaitu 3,76 dan TCR 75,17 termasuk dalam kategori baik. Sedangkan rata-rata motivasi belajar 4,00 dan TCR 80,09. Hasil penelitian adalah (1) terdapat pengaruh signifikan antara penguatan (X1) terhadap hasil belajar (Y), dimana koefisien jalurnya P YX1 = 0,383. Nilai thitung 4.843 >ttabel 1,997 dengan tingkat level sig. 0,00<0,05. (2) terdapat pengaruh signifikan antara penguatan (X1 ) melalui motivasi belajar (X 2) terhadap hasil belajar (Y, dimana pengaruh yang timbul dari penguatan (X 1 ) terhadap hasil belajar kewirausahaan (Y) melalui motivasi belajar (X2 ) adalah sebesar 0,095 (9,5%) (3) terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar (X2 ) terhadap hasil belajar kewirausahaan (Y), dimana koefisien jalur Pyx2 = 0,572 thitung 7.223dengan tingkat level sig 0,00<0,05. (4) terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar (X2 ) melalui penguatan (X 1 ) terhadap hasil belajar (Y, dimana pengaruh yang timbul dari penguatan (X 1 ) terhadap hasil belajar kewirausahaan (Y) melalui motivasi belajar (X2 ) adalah sebesar 0,095. Penguatan guru secara langsung mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 14,67% dan 9,55% secara tidak langsung. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penguatan guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (2) penguatan guru melalui motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (3) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (4) motivasi belajar melalui penguatan guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat meningkatkan keterampilannya dalam memberikan penguatan, sedangkan kepada siswa diharapkan dapat meningkatkaan motivasi belajarnya
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PENGUATAN DARI GURU, MOTIVASIBELAJAR, HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 10:04 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 10:04 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28428 |
