Kontribusi Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 IV Koto Di Kabupaten Agam

Zelly, Zelly (2011) Kontribusi Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 IV Koto Di Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZELLY-08172-2012.pdf] Text
final_B1_ZELLY-08172-2012.pdf

Download (272kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan terhadap siswa kelas XI SMAN 1 IV Koto Kabupaten
Agam terlihat hasil belajar pada pelajaran TIK masih rendah, dari 141 siswa sebanyak
61,70 % berada dibawah standar ketuntasan yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 63. Dari
banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar, diantaranya adalah pemanfaatan
internet sebagai sumber belajar dan minat belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hasil belajar mata pelajaran
TIK kelas XI SMAN 1 IV Koto Kabupaten Agam ditinjau dari faktor pemanfaatan
internet sebagai sumber belajar dan minat belajar. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 141 orang dan sampel
penelitian berjumlah 58 orang. Untuk menentukan sampel digunakan rumus
proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan
pengukuran skala likert 1-5. Sebelum digunakan angket diuji coba terlebih dahulu,
validitas butir diuji dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dan
reliabilitas angket diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. kemudian data
tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS 17.0. Teknik Analisa data terdiri
dari uji persyaratan analisis data, deskripsi data, uji hipotesis, dan penentuan koefisien
kontribusi. Uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas menggunakan uji One
Sample Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji analisis varian dan uji
linearitas menggunakan Tes for linearity Untuk mendeskripsikan data digunakan teknik
analisa statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian digunakan teknik korelasi
sederhana dan uji t pada hipotesis pertama dan hipotesis kedua serta analisis regresi
linear berganda dan uji F pada pengujian hipotesis ketiga. Untuk melihat besar
koefisien kontribusi digunakan rumus koefisien determinan. Hasil analisa data
menunjukan bahwa terdapat kontribusi pemanfaatan internet sebagai sumber belajar
terhadap hasil belajar sebesar 11,62%, minat belajar berkontribusi terhadap hasil
belajar sebesar 8,8%, pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan minat belajar
berkontribusi secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 23,5%.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pemanfaatan internet sebagai sumber belajar
dan minat belajar merupakan faktor yang berkontribusi terhadap hasil belajar.
Sehubungan dengan hasil penelitian maka diharapkan kepada semua unsur pendidik
perlu menggali variabel-variabel lain yang tidak diteliti yang dapat mempengaruhi hasil
belajar siswa, sehingga dapat memberi manfaat lebih besar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 04 Nov 2025 09:41
Last Modified: 04 Nov 2025 09:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28411

Actions (login required)

View Item
View Item