Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Active Learning Tipe GQGA (Giving Question Getting Answer) pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X3 SMAN I Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Rahayu, Zelfina (2011) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Active Learning Tipe GQGA (Giving Question Getting Answer) pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X3 SMAN I Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZELFINA_RAHAYU_84701_5411_2011.pdf] Text
final_B1_ZELFINA_RAHAYU_84701_5411_2011.pdf

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam proses
pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran active learning tipe GQGA yang
diharapkan dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa, selanjutnya dapat meningkatkan
hasil belajar ekonomi siswa kelas X3 SMAN I Enam Lingkung.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).
Dimana peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan, guru bidang studi sebagai
observer dan seorang teman sejawat yang akan menvideokan proses pembelajaran. Objek
penelitian adalah siswa kelas X3 SMA N I Enam Lingkung. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan Mei samapai Juni 2011. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, dimana masing masing
siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembaran
observasi untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa pada siklus I, II, III selama
menerapkan model pembelajaran active learning tipe GQGA. Data yang diperoleh diolah
dengan teknik persentase.
Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran active learning tipe GQGA dikategorikan cukup.
Aktivitas yang masih rendah yaitu aktivitas siswa yang mengajukan pertanyaan dengan
persentase 45,16% dan siswa yang menjelaskan jawaban dengan persentase 49,20%. Hasil
belajar yang diperoleh siswa pada siklus I ini rata-ratanya adalah 73,32 dengan ketuntasan
klasikal sebesar 74,19%. Pada siklus II telah terjadi peningkatan baik aktivitas maupun hasil
belajar siswa. Aktivitas belajar siswa dikategorikan baik dengan persentase rata-rata 78,75%
dan rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,77 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76,67%.
Pada siklus III aktivitas siswa telah dapat dikategorikan banyak sekali dengan persentase ratarata
91,53% dan rata-rata hasil belajar 83,51 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,10%.
Denga demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi
dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran active learning tipe GQGA.
Disarankan pada guru untuk dapat menggunakan model pembelajaran active learning tipe
GQGA sebagai salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata
pelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 04 Nov 2025 09:40
Last Modified: 04 Nov 2025 09:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28406

Actions (login required)

View Item
View Item