Eksperimen Penggunaan Strategi Belajar Aktif Tipe Firing Line pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMPN 1 Batang Anai dan SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang.

Martin, Yudia (2011) Eksperimen Penggunaan Strategi Belajar Aktif Tipe Firing Line pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMPN 1 Batang Anai dan SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YUDIA_MARTIN_77645_5779_2011.pdf] Text
final_B1_YUDIA_MARTIN_77645_5779_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penggunaan strategi belajar aktif tipe firing line pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMPN 1 Batang Anai dan SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas VII SMPN 1 Batang Anai dan SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang tahun pelajaran 2010/2011, sampel yang diambil adalah kelas VII5 dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang dan kelas VII 2 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Jenis data adalah data primer dan data sekunder. Tes yang diberikan berupa tes objektif pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe firing line pada SMPN 1 Batang anai memiliki rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan SMPN 1 Sintuk toboh gadang dapat dilihat dari nilai rata-rata kedua kelas sampel. Kelas eksperimen 1 memiliki rata – rata 71,08 sedangkan kelas eksperimen 2 memiliki rata-rata 63,37. Hal ini berarti hasil belajar IPS Terpadu dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe firing line di SMPN 1 Batang Anai lebih baik dari pada hasil belajar siswa di SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang. Penelitian ini masih terbatas pada materi kelas VII dengan standar kompetensi mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan,SMP N 1 Batang Anai alternatif strategi pembelajaran aktif tipe firing line dapat di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi kreativitas dalam kehidupan ekonomi. Kepada guru SMPN N 1 Sintuk Toboh Gadang diharapkan dapat mensosialisasikan strategi ini dalam mengajar IPS Terpadu. Diharapkan ada penelitian lanjutan untuk materi lain dan ruang lingkup yang lebih luas serta tampilan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE FIRING LINE
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 04 Nov 2025 09:38
Last Modified: 04 Nov 2025 09:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28394

Actions (login required)

View Item
View Item