Meningkatkan Hasil Pembelajaran Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) bagi Siswa Kelas V SD Negeri No 17 Gunung Pangilun Padang

Zarianti, Zarianti (2011) Meningkatkan Hasil Pembelajaran Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) bagi Siswa Kelas V SD Negeri No 17 Gunung Pangilun Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZARIANTI_90407_2571_2011.pdf] Text
final_B1_ZARIANTI_90407_2571_2011.pdf

Download (206kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti di SD Negeri No 17 Gunung Pangilun
terhadap siswa kelas V, siswa kurang memahami operasi hitung campuran
bilangan bulat. Pembelajaran dilaksanakan oleh guru secara konvensional. Hal ini
mengakibatkan nilai siswa rendah, yakni pencapaian nilai rata-rata siswa secara
klasikal adalah 53,3. Penulis tertarik melakukan upaya peningkatan hasil belajar
siswa dalam menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan bulat dengan
pendekatan CTL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil belajar operasi hitung campuran
bilangan bulat dengan pendekatan CTL. Dalam penelitian ini CTL yang
diterapkan mempunyai 7 komponen, yaitu Konstruktivisme, menemukan,
bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya.
Komponen pendekatan CTL tersebut dikombinasikan dengan langkah-langkah
penyelesaian operasi hitung campuran bilangan bulat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (class action research), Sedangkan siswa yang
diambil sebagai subjek penelitan adalah seluruh siswa kelas V SD No 17 Gunung
Pangilun Padang. Data penilitian ini diperoleh dengan menggunakan tes,
observasi, dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari setiap siklus yang dilaksanakan
dalam penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa, dari tes awal dengan
rata-rata 53,3 dan menjadi rata-rata hasil belajar siswa 64 pada tes akhir tindakan
siklus I, sedangkan pada tes akhir tindakan siklus II rata-rata nilai siswa yakni
82,3. Pada hasil pengamatan pun terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam
proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
pendekatan CTL pada pembelajaran tentang operasi hitung campuran bilangan
bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terbukti dari peningkatan nilai
belajar pada akhir pelaksanaan siklus II dibandingkan dengan nilai pada tes awal

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 04 Nov 2025 04:57
Last Modified: 04 Nov 2025 04:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28359

Actions (login required)

View Item
View Item