Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Lembar Tugas Proyek Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padang

Fadhila, Azizah (2016) Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Lembar Tugas Proyek Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_AZIZAH_FADHILA_1205682_1205682_4784_2016.pdf] Text
B1_05_AZIZAH_FADHILA_1205682_1205682_4784_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Model pembelajaran project based learning (PjBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dianjurkan oleh kurikulum 2013. Model pembelajaran ini memuat langkah-langkah proyek yang sistematis untuk membantu siswa menemukan konsep dan lebih memahami bagaimana bekerja secara ilmiah. Pembelajaran ini dapat mengarahkan siswa untuk berpikir secara kreatif, aktif, mandiri dan kritis. Ketika siswa belajar dengan aktif, kreatif, mandiri berarti mereka yang mendominasi aktifitas pembelajaran. Karakteristik dari materi pembelajaran membuat model project based learning ini cocok untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model project based learning (PjBL) berbantuan lembar tugas proyek terhadap kompetensi fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang.
Model pembelajaran project based learning (PjBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dianjurkan oleh kurikulum 2013. Model pembelajaran ini memuat langkah-langkah proyek yang sistematis untuk membantu siswa menemukan konsep dan lebih memahami bagaimana bekerja secara ilmiah. Pembelajaran ini dapat mengarahkan siswa untuk berpikir secara kreatif, aktif, mandiri dan kritis. Ketika siswa belajar dengan aktif, kreatif, mandiri berarti mereka yang mendominasi aktifitas pembelajaran. Karakteristik dari materi pembelajaran membuat model project based learning ini cocok untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model project based learning (PjBL) berbantuan lembar tugas proyek terhadap kompetensi fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan rancangan Randomize Control Group Only Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 7 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian meliputi kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Instrumen penelitian berupa tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap, dan skala penilaian untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05 untuk kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan.
Hasil penelitian dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05 untuk kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi “terdapat pengaruh yang berarti penerapan model project based learning (PjBL) berbantuan lembar tugas proyek terhadap kompetensi fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang” pada kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan dapat diterima sementara pada kompetensi sikap ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, pertama: tidak terdapat pengaruh yang berarti penerapan model project based learning (PjBL) berbantuan lembar tugas proyek terhadap kompetensi sikap siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang, kedua: terdapat pengaruh yang berarti penerapan model project based learning (PjBL) berbantuan lembar tugas proyek terhadap kompetensi pengetahuan siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang, ketiga: terdapat pengaruh yang berarti penerapan model project based learning (PjBL) berbantuan lembar tugas proyek terhadap kompetensi keterampilan siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL) Kompetensi Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2025 14:12
Last Modified: 03 Nov 2025 14:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28336

Actions (login required)

View Item
View Item