Febriadi, Yoza (2011) Pengaruh Pesan, Endorser, dan Penempatan Waktu Penayangan Iklan Televisi Terhadap Sikap Mahasiswa pada Iklan Coca-cola di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YOZA_FEBRIADI_73883_1970_2011.pdf
Download (207kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) pengaruh pesan iklan terhadap sikap mahasiswa pada produk Coca-cola di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, (2) pengaruh endorser iklan terhadap sikap mahasiswa pada produk Coca-cola di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, (3) pengaruh penempatan waktu penayangan iklan terhadap sikap mahasiswa pada produk Coca- cola di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausatif, dimana penelitian ini menjelaskan hubungan sebab akibat dari satu variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang yang terdaftar aktif pada semester Juli–Desember 2010 (BP 2006-2010). Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 360 responden dengan metode pengambilan sampel accidental sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Dari analisis jalur diketahui besar koefisien variabel pesan iklan terhadap sikap mahasiswa pada iklan Coca-cola di FE UNP yaitu 0,308 dengan besar pengaruh secara langsung sebesar 9,49%. Besar pengaruh pesan iklan terhadap sikap mahasiswa pada iklan Coca-cola di FE UNP melalui endorser yaitu 4,85% dan melalui penempatan waktu penayangan iklan yaitu 6,63%. Besaran koefisien variabel endorser terhadap sikap mahasiswa pada iklan Coca-cola di FE UNP yaitu sebesar 0,254 dengan besar pengaruh secara langsungnya 6,45%. Besar pengaruh endorser terhadap sikap mahasiswa pada iklan Coca-cola di FE UNP melalui pesan iklan yaitu 4,85% dan melalui penempatan waktu penayangan iklan yaitu 6,98%. Besaran koefisien variabel penempatan waktu penayangan iklan terhadap sikap mahasiswa pada iklan Coca-cola di FE UNP yaitu sebesar 0,464 dengan besar pengaruh secara langsungnya 21,53%. Besar pengaruh penempatan waktu penayangan iklan terhadap sikap mahasiswa pada iklan Coca-cola di FE UNP melalui pesan iklan yaitu 6,63% dan melalui endorser yaitu 6,98%. Hasil penelitian menunujukan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pesan terhadap sikap mahasiswa pada iklan Coca-cola di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, terdapat pengaruh signifikan antara endorser iklan terhadap sikap mahasiswa pada iklan Coca-cola di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara penempatan waktu penayangan iklan televisi terhadap sikap mahasiswa pada iklan Coca-cola di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka disarankan kepada manager periklanan Coca-Cola Company untuk menciptakan pesan iklan Coca-cola yang lebih mudah dimengerti oleh konsumen, endorser yang digunakan adalah sangat terkenal dan sedang diidolai oleh remaja saat ini yang juga sesuai dengan karakteristik produk. Dan memilih waktu penayangan iklan Coca-Cola sebagai transformasi pesan dari pukul 20.00-23.00 WIB pada saluran televisi yang memiliki program acara yang sedang digemari remaja saat ini, seperti: Trans7, Trans Tv, Global, RCTI dan SCTV.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PENAYANGAN IKLAN, IKLAN COCA-COLA |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 14:08 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 14:08 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28318 |
