Persepsi Wisatawan tentang Daya Tarik Wisata Pemandian Tirta Alami Kabupaten Padang Pariaman

Febrina, Nini (2015) Persepsi Wisatawan tentang Daya Tarik Wisata Pemandian Tirta Alami Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_15_NINI_FEBRINA_1102308_2458_2015.pdf] Text
final_B1_15_NINI_FEBRINA_1102308_2458_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap ketidakstabilan
jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Pemandian Tirta Alami
Kabupaten Padang Pariaman. Sementara permasalahan yang tampak antara lain:
atraksi hiburan yang kurang bahkan tidak ada lagi, banyaknya ternak warga yang
berkeliaran di jalan dari gerbang menuju pemandian sehingga penggunaan jalan
merasa kurang nyaman, selanjutnya kurang terawatnya fasilitas di objek wisata ini
serta minimnya jasa pendukung pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui persepsi wisatawan tentang daya tarik wisata Pemandian Tirta Alami
Kabupaten Padang Pariaman yang meliputi 4 indikator daya tarik wisata yaitu:
attraction (atraksi), accessibilities (aksesibilitas), amenities (amenitas atau
fasilitas), dan ancillary services (jasa pendukung pariwisata).
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dengan
populasi wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Pemandian Tirta Alami
yang berjumlah 16.478 orang. Teknik pengambilan sampel adalah non probability
sampling denganmenggunakan incidental sampling. Jumlah sampel dalam
penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menyebarkan instrumen penelitian berupa kuesioner (angket) dengan
menggunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya.
Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan metode
pengkategorian penilaian berdasarkan rerata skor dan persentase penilaian.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum persepsi wisatawan
tentang daya tarik wisata Pemandian Tirta Alami Kabupaten Padang Pariaman
tergolong pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 173,79 berada pada
rentang skor 168 – <210 dengan interpretasi 37%. Sedangkan berdasarkan
masing-masing indikator yaitu: (1) Atraksi tergolong pada pada kategori cukup
baik dengan nilai rata-rata sebesar 62,37 berada pada rentang skor 56 – <70
dengan interpretasi 33%, (2) Aksesibilitas tergolong pada kategori cukup baik
dengan nilai rata-rata sebesar 27,24 berada pada rentang skor 27 – <33 dengan
interpretasi 36%, (3) Amenities/ Fasilitas tergolong pada kategori kurang baik
dengan nilai rata-rata sebesar 54,46 berada pada rentang skor 42 – <56 dengan
interpretasi 33%, (4) Ancillary Service (jasa pendukung pariwisata) tergolong
pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 29,72 berada pada rentang
skor 29 – <37 dengan interpretasi 39%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Hospitality > Hoaspitality Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 31 Oct 2025 04:18
Last Modified: 31 Oct 2025 04:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28250

Actions (login required)

View Item
View Item