Egim, Ash Shadiq (2009) Pengaruh Positioning terhadap Brand Image Coca-Cola pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universiatas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ASH_SHADIQ_EGIM_73905_496_2010.pdf
Download (231kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa jauh upaya
positioning yang dilakukan Coca-Cola berpengaruh terhadap pencitraan
konsumen yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Dimana dahulunya Coca-Cola diposisikan sebagai minuman ringan yang jadi
bagian hidup konsumennya. Setelah itu perusahaan melakukan perubahan
positioning dengan memposisikan Coca-Cola sebagai minuman yang bernilai
positif seperti semangat, kegembiraan, dan kerja keras.
Penelitian ini merupakan penelitian kausatif yang bertujuan untuk melihat
hubungan sebab akibat dari satu variabel dengan variabel lainya atau bagaimana
suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya, pada penelitian ini diteliti
pengaruh variabel positioning (X) terhadap brand image (Y). Populasi dan sampel
dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Padang, diambil sebanyak 353 orang responden yang mengetahui tentang slogan
Coca-Cola dan pernah meminumnya. Teknik sampel accidental sampling yaitu
siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai
sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui tersebut cocok sebagai
sumber data. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data
primer diperoleh dari menyebarkan angket penelitian.
Analisis regresi menunjukkan bahwa upaya positioning yang ditempuh
perusahaan memberi pengaruh positif yang signifikan terhadap brand image
Coca-Cola pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Hal ini
dapat dilihat dari level Sig. sebesar 0,000, yang menunjukkan bahwa positioning
(X) memberi pengaruh signifikan terhadap brand image (Y). Selain itu image
konsumen terhadap Coca-Cola sehubungan dengan positioning yang baru adalah
sebagai minuman anak muda yang bernilai positif seperti semangat, kegembiraan
dan kerja keras.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 09:20 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 09:20 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28244 |
