Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim dengan Metode Ceramah Bervariasi pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X di SMAN 8 dan SMAN 13 Padang

Rahmawati, Rahmawati (2011) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim dengan Metode Ceramah Bervariasi pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X di SMAN 8 dan SMAN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RAHMAWATI_77613_2008_2011.pdf] Text
final_B1_RAHMAWATI_77613_2008_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan pembelajaran aktif tipe Kuis Tim dengan pembelajaran Ceramah
Bervariasi pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMAN 8 dan SMAN 13
Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X SMAN 8 dan SMAN 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran
2010/2011. Kedua sampel dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling
Method. Jenis data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik
analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis induktif yang dilakukan melalui uji Z
dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan homogenitas terhadap varians
kedua kelas sampel.
Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen
sebesar 75,28. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 65,46. Dari hasil
uji hipotesis diperoleh Zhitung 3,51 dan Ztab 1,96 berarti Zhitung > Ztab sehingga H0
ditolak, maka terdapat perbedaan yang berarti antara hasil belajar siswa yang
menggunakan metode pembelajaran aktif tipe Kuis Tim dengan metode pembelajaran
Ceramah Bervariasi.
Dari hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan jalan keluar bagi suatu
permasalahan rendahnya hasil belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran ekonomi.
Akhirnya, untuk dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa, disarankan kepada
guru untuk dapat mempertimbangkan metode tipe Kuis Tim sebagai alternatif dalam
proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KUIS TIM
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 30 Oct 2025 09:17
Last Modified: 30 Oct 2025 09:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28230

Actions (login required)

View Item
View Item