Asdi, Asdi (2011) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas V SD Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ASDI_90378_2011.pdf [thumbnail of final_B1_ASDI_90378_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_ASDI_90378_2011.pdf
Download (170kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan meningkatkan hasil 
belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Pengalaman peneliti pada tahun
pembelajaran 2009/2010 hasil belajar siswa masih rendah, serta dalam
pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru masih menggunakan metode yang
tidak bervariasi. Hal ini mengakibatkan nilai siswa rendah, yakni hasil rata-rata
ulangan PKN siswa pada semester II tahun ajaran 2009/2010 menunjukkan bahwa
nilai siswa hanya 6,3; sedangkan KKM siswa untuk SD Adabiah adalah 6,5 (Data
Primer kelas V SD Adabiah). Dengan demikian permasalahan ini harus dapat
dicarikan solusinya sehingga hasil belajar siswa tersebut dapat mengingkat
nantinya. 
Untuk itu dengan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menyalurkan
berbagai fakta dan konsep-konsep tersebut, salah satunya adalah dengan
melakukan pembaharuan metode yang digunakan dalam pembelajaran. Salah satu
metode dalam pembelajaran PKn yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa
yaitu dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD yang mana metode ini
menuntut siswa untuk bisa menemukan sendiri informasi dari masalah-masalah
yang dihadapi dalam pembelajaran PKn.. 
Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian proses,
penilaian hasil, format pencatatan lapangan, rambu-rambu keberhasilan mengajar
guru, dan rambu-rambu analisis karakteristik metode kooperatif tipe STAD dari
aspek guru dan siswa. Jumlah siswa kelas V SD Adabiah Kota Padang adalah 30
orang, jumlah laki-laki 16 orang dan perempuan 14 orang.  Hasil belajar siswa
dari siklus I ke siklus II meningkat, hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata yang
diperoleh pada siklus I yaitu 63,33, penilaian psikomotor 7,1, dan penilaian proses
7,1 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,33, penilaian
psikomotor 8,6 dan penilaian proses 8,8. hal ini merupakan bukti pelaksanaan 
penelitian yang telah dilakukan di SD Adabiah Kota Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP | 
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 03:34 | 
| Last Modified: | 30 Oct 2025 09:24 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28211 | 
 
         