Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Catering di Kota Padang: Studi Kasus A.A Catering di kota Padang

Amelia, Yossi (2011) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Catering di Kota Padang: Studi Kasus A.A Catering di kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YOSSI_AMELIA_77876_5837_2011.pdf] Text
final_B1_YOSSI_AMELIA_77876_5837_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh harga terhadap permintaan catering (2) Pengaruh pendapatan terhadap permintaan catering (3) Pengaruh selera konsumen terhadap permintaan catering (4) Pengaruh kelompok acuan terhadap permintaan catering (5) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap permintaan catering (6) Pengaruh harga, pendapatan, selera konsumen, kelompok acuan dan kualitas pelayanan terhadap permintaan catering pada A.A catering di kota Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan variabel penelitian dan menemukan ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dari 44 sampel konsumen A.A catering dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket penarikan sampel dengan teknik accendential sampling. Teknik analisis data adalah deskriptif dan induktif. Analisis induktif terdiri dari Uji Prasyarat Analisis yaitu Uji Multikolinearitas, Uji Normalitas, Uji Heterokedastisitas, Uji Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F test dengan 05,0= α dan Analisis Determinasi (R 2 ). Hasil penelitian ini (1) harga berpengaruh negatif yang tidak signifikan terhadap permintaan catering (sig = 0,392) dengan tingkat pengaruh sebesar -0,267 satuan (2) pendapatan berpengaruh positif yang tidak signifikan terhadap permintaan catering (sig = 0,543) dengan tingkat pengaruh sebesar 0,164 satuan (3) selera konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan catering (sig = 0,001) dengan tingkat pengaruh sebesar 3,041 satuan (4) kelompok acuan berpengaruh positif yang tida signifikan terhadap permintaan catering (sig = 0,202) dengan tingkat pengaruh sebesar 0,547 satuan (5) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan catering (sig = 0,004) dengan tingkat pengaruh sebesar 2,336 satuan (6) Secara bersama-sama harga, pendapatan konsumen, selera konsumen, kelompok acuan, dan kualitas pelayanan secara bersamaan memberikan pengaruh terhadap permintaan catering pada A.A Catering dengan nilai Fhitung (5,796) > F tabel (2,432) atau signifikan yang diperoleh 0,000 pada α 0,05 dengan sumbangan variabel X 1 , X 2 , X 3,X 4 dan X 5 bersama-sama terhadap Y sebesar 43,3%. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyarankan kepada PT. Anugerah Agung Citratama yang berada di Kota Padang sebaiknya selalu memperhatikan cita rasa makanan yang lebih baik agar dapat menetapkan harga yang tepat sehingga mendapatkan keuntungan yang maksimum selain itu lebih banyak mempromosikan produknya agar masyarakat lebih mengenal usaha ini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ERMINTAAN CATERING
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 30 Oct 2025 03:34
Last Modified: 30 Oct 2025 09:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28203

Actions (login required)

View Item
View Item