Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbasis Microblogging Tumblr untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Diklat KKPI Siswa Kelas X AP SMKN 1 Sijunjung

Sutiasih, Aminda Dewi (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbasis Microblogging Tumblr untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Diklat KKPI Siswa Kelas X AP SMKN 1 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_AMINDA_DEWI_SUTIASIH_06450_2518_2012.pdf] Text
B1_05_AMINDA_DEWI_SUTIASIH_06450_2518_2012.pdf

Download (985kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran KKPI kelas X SMK Negeri 1 Sijunjung dengan memanfaatkan microblogging Tumblr sebagai sumber belajar. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran KKPI masih banyak dibawah KKM dengan nilai 70 yang ditetapkan oleh sekolah dan penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa kurang maksimalnya sumber belajar bagi siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Experiment dengan populasi siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Sijunjung yang terdaftar pada tahun 2011/2012 sebanyak 2 kelas.
Rancangan penelitian adalah randomized control-group only design. Teknik penentuan sampel adalah teknik random sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas X AP1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AP2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal yang dilakukan di akhir penelitian. Pelaksanaan pembelajaran KKPI dengan menggunakan strategi pembelajaran active knowledge sharing berbasis microblogging Tumblr dilaksanakan dengan langkah – langkah: (1) guru mempostingkan tugas yang akan dijawab oleh siswa (2) siswa mengakses tumblr (3) siswa menjawab tugas (4) siswa melakukan pratikum untuk menguji hipotesis (5) Siswa terlibat dalam proses refleksi terhadap pelajaran untuk memperhatikan penguatan yang diberikan guru 6) siswa bertanya pada guru mengenai pelajaran yang belum dipahami (7) guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Peningkatan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan microblogging Tumblr dalam pembelajaran KKPI ditandai dengan nilai rata-rata (74,45) lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya langsung (68.97), kemudian dilakukan teknik analisis data uji t dengan kriteria thitung > ttabel, maka hipotesis diterima dan sebaliknya. Diperoleh thitung adalah 2.98 dan ttabel adalah 1,674 sehingga thitung > ttabel. Ini membuktikan bahwa hipotesis diterima pada taraf kepercayaan 95%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya memanfaatkan memanfaatkan microblogging Tumblr sebagai sumber belajar lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar pembelajaran langsung pada mata pelajaran KKPI siswa kelas X AP SMK N 1 Sijunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: active knowledge sharing microblogging Tumblr
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 30 Oct 2025 03:33
Last Modified: 30 Oct 2025 03:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28200

Actions (login required)

View Item
View Item