Hayati, Hasanatul (2012) Hubungan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Salon Kecantikan di Kecamatan Padang Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_Hasanatul Hayati (90823_2012_4406.pdf
Download (667kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya
kecenderungan penurunan tingkat kepuasan pelanggan walaupun pihak salon
kecantikan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara optimal. Dalam hal ini,
diduga karena pihak salon memiliki kendala dalam memuaskan pelanggan terkait
dengan kualitas layanan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui
bagaimana kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan salon kecantikan di
Kec.Padang Barat. (2) untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan yang
berkunjung pada salon kecantikan di Kec.Padang Barat. (3) untuk mengetahui
hubungan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada salon kecantikan di
Kec.Padang Barat.
Jenis penelitian ini termasik penelitian deskriptif kuantitatif berbentuk
korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berkunjung ke
Muslimah Beauty Care & SPA, Mei Mei Salon dan Lily Salon yang berada di
Kec.Padang Barat, sejumlah 37 orang. Pada penarikan sampel penulis
menggunakan metode insidential sampling. Sebagai alat untuk mengukur kualitas
layanan dan kepuasan pelanggan pada salon kecantikan menggunakan angket
(kuisioner) yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian angket
dianalisis dengan statistik deskriptif, uji persyaratan analisis, analisis korelasi dan
uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas layanan pada salon
kecantikan di Kec.Padang Barat berada pada kategori tinggi sebesar 81,1%. (2)
kepuasan pelanggan pada salon kecantikan di Kec.Padang Barat berada pada
kategori tinggi sebesar 67,6%. (3) terdapat hubungan yang positif antara kualitas
layanan terhadap kepuasan pelanggan pada salon kecantikan di Kec.Padang Barat
dengan hasil analisis korelasi diperoleh rhitung > rtabel (0,446 > 0,325) yang
diperkuat dengan uji hipotesis pada taraf signifikansi 0,05 dimana thitung > ttabel
(2,97 > 1,68).
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TX Home economics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:46 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:46 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28164 |
