Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala SMKN 3 Padang

Rahmiwati, Rahmiwati (2019) Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala SMKN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RAHMIWATI_15002026_4016_2019.pdf] Text
B1_01_RAHMIWATI_15002026_4016_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara dan pengamatan penulis
di SMKN 3 Padang yang menunjukkan masih kurang baiknya pelaksanaan
supervisi akademik oleh kepala sekolah di sekolah tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk memperoleh gambaran persepsi guru tentang tahap pertemuan
awal pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala SMKN 3 Padang, memperoleh
gambaran persepsi guru tentang tahap pengamatan pelaksanaan supervisi
akademik oleh kepala SMKN 3 Padang, memperoleh gambaran persepsi guru
tentang tahap pertemuan-balikan pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala
SMKN 3 Padang, dan memperoleh gambaran persepsi guru tentang pelaksanaan
supervisi akademik oleh kepala SMKN 3 Padang secara keseluruhan.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru
SMKN 3 Padang dengan jumlah 87 orang. Besar sampel penelitian ini adalah 49
orang yang ditentukan dengan rumus Slovin. Instrumen penelitian ini
menggunakan angket model skala Likert yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Hasil uji coba angket adalah valid dan reliabel berdasarkan data
yang dianalisis menggunakan SPSS 16.0. Data hasil penelitian diolah
menggunakan rumus mean (rata-rata).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan supervisi
akademik oleh kepala SMKN 3 Padang tahap pertemuan awal berada pada
kategori cukup baik; 2) Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala SMKN 3
Padang tahap pengamatan berada pada kategori cukup baik; 3) Pelaksanaan
supervisi akademik oleh kepala SMKN 3 Padang tahap pertemuan-balikan berada
pada kategori cukup baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan
supervisi akademik oleh kepala SMKN 3 Padang berada pada kategori cukup baik
dengan skor 3,59. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada
kepala SMKN 3 Padang untuk lebih meningkatkan lagi pelaksanaan supervisi
akademik tahap pertemuan awal, tahap pengamatan, dan tahap pertemuan-balikan
di sekolah agar kemampuan guru dapat lebih meningkat lebih baik juga.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah, supervisi akademik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 26 Feb 2025 08:25
Last Modified: 27 Feb 2025 00:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2814

Actions (login required)

View Item
View Item