Efektivitas Metode Silaba dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar: Quasi Eksperimen di Kelas II SDN 17 Jawa Gadut Kecamatan Pauh Padang

Indrayani, Respita (2017) Efektivitas Metode Silaba dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar: Quasi Eksperimen di Kelas II SDN 17 Jawa Gadut Kecamatan Pauh Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1304619_Respita Indrayani_Skripsi.pdf] Text
final_B1_1304619_Respita Indrayani_Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di
SDN 17 Jawa Gadut Kecamatan Pauh Padang. terdapat lima orang siswa
berkesulitan belajar membaca permulaan kelas II, saat peneliti melakukan
pengamatan membaca permulaan tidak lagi diperhatikan oleh guru kelas, dimana
guru kelas hanya hanya fokus pada penyampaian materi pembelajaran setiap
harinya dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan. Penelitian ini
bertujuan untuk membuktikan efektifitas metode silaba dalam Meningkatkan
Kemampuan membaca Permulaan Bagi Anak Berkesulitan di kelas II SDN 17 Jawa
Gadut Kecamatan Pauh Padang.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk pre
experimental design atau sering disebut quasi experiment dengan jenis one group
pretest-posttest design. Dimana subjek diberikan pretest selanjutnya diberikan
treatment dengan metode silaba, dan dilanjutkan dengan memberikan posttest
untuk melihat kemampuan setelah treatment. Nilai dari pretest dan posttest diolah
serta dibandingkan dengan menggunakan uji Mann Whitney untuk menguji
hipotesis penelitian.
Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan analisis data yang dilihat dari
nilai pretest. Data diolah dengan menggunakan uji Mann Whitney. Diperoleh Uhit
= 2,5 dan Utab = 2 dengan n = 5 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hipotesis
alternatif diterima karena Uhit > Utab, jadi terbukti bahwa metode silaba efektif
digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak
berkesulitan belajar kelas II di SDN 17 Jawa Gadut Kecamatan Pauh Padang. Saran
dalam penelitian ini diharapkan sekolah dapat mengembangkan kemampuan
membaca permulaan siswa dengan menggunakan metode silaba.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:40
Last Modified: 29 Oct 2025 09:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28134

Actions (login required)

View Item
View Item