Meningkatkan Keterampilan Membuat Gantungan Kunci Manik-manik melalui Metode Practice Rehearsal Pairs pada Anak Tunarungu di Kelas VIII SLB Luak Nan Bungsu Kota Payakumbuh

Ningsih, Maya Yulia (2017) Meningkatkan Keterampilan Membuat Gantungan Kunci Manik-manik melalui Metode Practice Rehearsal Pairs pada Anak Tunarungu di Kelas VIII SLB Luak Nan Bungsu Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1304643_Maya Yulia Ningsih_Skripsi.pdf] Text
final_B1_1304643_Maya Yulia Ningsih_Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB
Luak Nan Bungsu pada anak tunarungu kelas VIII. Dari empat orang siswa
mengalami masalah dalam membuat gantunngan kunci manik-manik. Dari hasil
asesmen yang dilakukan menunjukkan anak mempunyai motorik yang baik. Selama
ini guru menggunakan metode demontrasi dalam memberikan pembelajaran
keterampilan dengan penugasan secara individual.
Dengan kemampuan siswa yang bervariasi mengakibatkan siswa mengalami
kesulitan dalam membuat gantungan kunci manik-manik berbentuk boneka kelinci.
Untuk mengatasi permasalah tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan
keterampilan siswa dalam membuat gantungan kunci manik-manik melalui metode
practice rehearsal pairs.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(classroom action research) yang terdiri II siklus. Setiap siklus terdiri dari enam kali
pertemuan tatap muka dan di setiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Metode
penelitian ini peneliti lakukan dengan berkolaborasi dengan guru kelas dimana
peneliti sebagai pengamat sedangkan guru kelas sebagai pemberi tindakan. Siklus
yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi,
dokumentasi dan tes.
Berdasarkan tindakan yang diberikan tindakan dan hasil analisis data
menunjukkan peningkatan kemampuan membuat keterampilan gantungan kunci
manik-manik secara signifikan, hal ini dalam dilihat dari hasil kerja antar pasangan.
Hasil penelitian menunjukkan hasil tes kemampuan anak (assessment) M 33,3%, S
50%, J 20,8%, dan E 62,5%. Siklus I M 62,5%, S70,8 %, J 45,8%, dan E 75%. Siklus
II nilai antar passangan bertambah menjadi M 83,3%, S 83,3%, J 75%, dan E 100%.
Dengan demikian dapat disimpulkan metode practice rehearsal pairs dapat
meningkatkan keterampilan membuat gantungan kunci manik-manik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:38
Last Modified: 29 Oct 2025 09:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28128

Actions (login required)

View Item
View Item