Upaya peningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Kooperatif tipe Talking Stick pada Siswa Kelas X.7 di SMA N 1 Pariaman

Junelia, Rahmania (2011) Upaya peningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Kooperatif tipe Talking Stick pada Siswa Kelas X.7 di SMA N 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RAHMANIA_JUNELIA_73744_5513_2011.pdf] Text
final_B1_RAHMANIA_JUNELIA_73744_5513_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil
belajar siswa dengan menggunakan model Kooperatif tipe talking stick pada
mata pelajaran Ekonomi di kelas X.7 SMA Negeri 1 Pariaman. Penelitian
ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan hipotesis tindakannya
adalah penggunaan model Kooperatif tipe talking stick dalam proses
pembelajaran pada mata pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa pada kelas X.7 SMA Negeri 1 Pariaman dengan
subjek penelitian adalah siswa kelas X.7 yang berjumlah 32 orang siswa
yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan.
Data dikumpulkan melalui lembaran observasi yang digunakan untuk
melihat perubahan aktivitas belajar siswa dan tes objektif untuk melihat
perubahan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada Siklus I,
Siklus II, Siklus III, dan Siklus IV.
Hasil penelitian dari empat siklus menunjukkan bahwa siswa yang
beraktivitas positif dan hasil belajar siswa yang relevan dengan
pembelajaran mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Secara
keseluruhan persentase siswa yang aktif yang relefan dengan pembelajaran
sebanyak 45,16% pada siklus I, meningkat menjadi 57,51% pada siklus II
dan 83,76% pada siklus III dan mengalami peningkatan pada siklus IV, yaitu
97,50%. Aktivitas negatif siswa yang tidak relevan dengan pembelajaran
juga mengalami penurunan yaitu secara keseluruhan siswa yang melakukan
aktivitas negatif pada Siklus I sebanyak 17,75% menurun menjadi 15,64%
pada Siklus II dan 3,13% pada siklus III, selanjutnya mengalami penurunan
87,5% pada siklus IV. Meningkatnya aktivitas positif yang relevan dengan
pembelajaran dan menurunnya aktivitas negatif yang tidak relevan dengan
pembelajaran memicu peningkatan hasil belajar siswa. Pada Siklus II siswa
yang tuntas 68,75% dan meningkat pada Siklus IV menjadi 87,5%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model Kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi di kelas X.7 SMA
Negeri 1 Pariaman. Agar aktivitas positif siswa yang relevan dengan
pembelajaran serta hasil belajar siswa meningkat maka penulis menyarankan
kepada guru Ekonomi untuk menggunakan model Kooperatif tipe talking
stick ini dalam mata pelajaran Ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:17
Last Modified: 29 Oct 2025 09:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28118

Actions (login required)

View Item
View Item