Gusmantri, Rahmat Iman (2011) Pengaruh Iklan terhadap Kesadaran Merek (Brand Awereness) Kartu SimPATI Telkomsel pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RAHMAN_IMAN_GUSMANTRI_67731_2016_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar pengaruh
daya tarik pesan iklan terhadap kesadaran merek (Brand Awareness) kartu
SimPATI pada mahasiswa UNP (2) seberapa besar pengaruh bintang iklan
terhadap kesadaran merek (Brand Awaerness) kartu SimPATI pada mahasiswa
UNP (3) seberapa besar pengaruh music terhadap kesadaran merek (Brand
Awaerness) kartu SimPATI pada mahasiswa UNP (4) seberapa besar pengaruh
slogan terhadap kesadaran merek (Brand Awaerness) kartu SimPATI pada
mahasiswa UNP (5) seberapa besar pengaruh pictures terhadap kesadaran merek
(Brand Awaerness) kartu SimPATI pada mahasiswa UNP (6) seberapa besar
pengaruh colours terhadap kesadaran merek (Brand Awaerness) kartu SimPATI
pada mahasiswa UNP (7) seberapa besar pengaruh daya tarik pesan, bintang iklan,
music, slogan, pictures, dan colours secara bersama-sama mempengaruhi
kesadaran merek (Brand Awaerness) kartu SimPATI pada mahasiswa UNP.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kausatif yang bertujuan untuk
melihat hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana
satu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Yang menjadi populasi dalam
penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Negeri Padang dan Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling dengan jumlah sampel 60 orang.
Jenis data yang digunakan adalah Data Primer dan Data Sekunder, sedangkan
teknik pengumpulan data adalah dengan menyebarkan angket. Teknik analisis
data yang digunakan adalah Analisis regresi berganda dengan mengunakan Uji
Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas, uji F dan uji t dengan α
5%.
Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa: (1) Dari hasil penelitian
dketahui bahwa variabel daya tarik pesan dan pictures berpengaruh signifikan
terhadap kesadaran merek (Brand Awarness) kartu SimPATI Telkomsel pada
mahasiswa UNP, dimana nilai signifikansi lebih kecil dari α (0,000<0,05) Hal ini
berarti bahwa kedua variabel berpengaruh signifikan dalam meningkatkan
kesadaran merek pada mahasisawa UNP yang paling berpengaruh secara
signifikan adalah daya tarik pesan sebesar 4,707 terhadap kesadaran merek. (2)
Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel bintang iklan, music, slogan,
colours tidak berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek (Brand Awarness)
kartu SimPATI Telkomsel pada mahasiswa UNP dengan nilai signifikansinya
lebih besar dari α >0,05) Untuk itu Telkomsel perlu memperhatikan keempat
variabel tersebut agar lebih berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek pada
mahasiswa UNP. (3) Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek (Brand
ii
Awareness) kartu SimPATI Telkomsel pada mahasiswa UNP. Ini terbukti dari
hasil analisis data, dimana nilai signifikansinya lebih kecil dari α (0,000<0,05) dan
sumbangan variabel secara bersama-sama terhadap variable kesadaran merek
sebesar 49,1%. Hal ini berarti dengan adanya peningkatan pada enam variabel
tersebut akan dapat meningkatkan kesadaran merek.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PENGARUH IKLAN |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1 |
| Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:17 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:17 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28117 |
