Peningkatan Pembelajaran Musik Ansambel Pianika dengan Penggunaan Metode Demonstrasi di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 18 Kampung Pansur Kecamatan Koto XI Tarusan

Sukrizol, Sukrizol (2011) Peningkatan Pembelajaran Musik Ansambel Pianika dengan Penggunaan Metode Demonstrasi di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 18 Kampung Pansur Kecamatan Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SUKRIZAL_09857_2011.pdf] Text
final_B1_SUKRIZAL_09857_2011.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan, yaitu langkanya penggunaan pendekatan dalam pembelajaran dan minimnya penggunaan sumber serta alat pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional sehingga peserta didik kurang berminat mengikuti pembelajaran. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran musik ansambel pianika dalam pembelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK) melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode Demonstrasi ini adalah suatu pendekatan pembelajaran yang memberikan contoh atau peragaan langsung yang diberikan oleh guru. Dalam metode ini guru bisa menjadi demonstator yang bertujuan untuk melatih peserta didik dalam memainkan musik ansambel pianika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran musik ansambel pianika dengan penggunaan metode demonstrasi sehingga dapat menunjang peningkatan pembelajaran seni musik peserta didik kelas V Sekolah Dasar (SD). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Hasil penilain penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan pembelajaran musik ansambel pianika dari tindakan siklus I ratarata persentase peserta didik yakni 69 %, sedangkan pada penilaian siklus II rata-rata persentase yakni 83%. Hasil rekapitulasi dari kedua siklus rata-rata presentase 76% pengamatan terlihat peningkatan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan pembelajaran musik ansambel pianika di Sekolah Dasar (SD)

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode demonstrasi, pembelajaran musik, ansambel pianika
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:16
Last Modified: 29 Oct 2025 09:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28112

Actions (login required)

View Item
View Item