Sufebrianti, Sufebrianti (2010) Pengaruh Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Tentang Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan terhadap Motivasi Manjadi Guru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SUFEBRIANTI_61242_2010.pdf
Download (259kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi mengnai pelaksanaan praktek lapangan kependidikan terhadap motivasi menjadi guru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FE UNP angkatan 2005 yang telah melaksanakan PLK sebanyak 222, sampel sebanyak 93 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Propotional Random Smpling. Jenis data yang digunakan berupa koesioner, teknik analisis dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan analisis regresi linear sederhana. Uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi tentang pelaksanaan praktek lapangan kependidikan berpengaruh positif dan siknifikan terhadap motivasi menjadi guru, dimana sumbangan persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan praktek lapangan kependidikan terhadap motivasi menjadi guru sebesar 32,90 % sedangkan 67,10% ditentukan oleh faktor lain. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat diajukan beberapa saran yang dapat bermanfaat bagi peneliti dimasa datang, disarankan untuk mencoba menggunakan jumlah sampel atau data responden yang lebih besar dimana penelitian dan pemilihan responden tidak hanya dibatasi pada satu fakultas saja. Saran ini penting agar dimasa datang hasil yang diperoleh didalam penelitian serupa dapat lebih sempurna dari penelitian ini. Saran bagi sekolah agar lebih memberikan kepercayaan dan wewenang yang lebih banyak kepada guru praktek lapangan kependidikan, agar pengalaman dan tingkat pematangan emosi dan tingkat ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh calon guru atau mahasiswa praktek lapangan kependidikan menjadi lebih tinggi, sehingga memotivasi mahasiswa tersebut untuk mencintai profesi guru.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | persepsi mahasiswa,praktek lapangan kependidikan,motivasi menjadi guru |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:11 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:11 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28097 |
