Ferdian, Feri (2013) Persepsi Mahasiwa Tentang Kualitas Pelayanan Kantin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_FERI_FERDIAN_16501_4132_2013.pdf
Download (724kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap mahasiswa yang
datang untuk makan dan minum di kantin FT UNP yang selalu ramai, sementara
masalah mengenai kualitas pelayanan ditemukan berdasarkan wawancara dengan
mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang
kualitas pelayanan Kantin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Penelitian
ini terdiri dari 5 indikator kualitas pelayanan yaitu: kehandalan (reliability), daya
tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan bukti fisik
(tangibles).
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang berkunjung di Kantin Fakultas
Teknik Universitas Negeri Padang. Populasi dari penelitian ini berjumlah 7233
orang. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling, dengan
mengunakan insidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah
100 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner
(angket) dengan mengunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan
reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan
metode pengkategorian penilaian berdasarkan rerata skor dan persentase
penilaian.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum persepsi mahasiswa
tentang kualitas pelayanan Kantin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
sebanyak 8% responden menyatakan sangat baik, 62% responden menyatakan
baik, 21% responden menyatakan cukup, dan 9% responden menyatakan kurang.
Sedangkan berdasarkan masing-masing indikator yaitu: 1) kehandalan (reliability)
sebanyak 14% responden menyatakan sangat baik, 48% responden menyatakan
baik, 28% responden menyatakan cukup, dan 10% responden menyatakan kurang,
2) daya tanggap (responsiveness) sebanyak 11% responden menyatakan sangat
baik, 46% responden menyatakan baik, 33% responden menyatakan cukup, dan
10% responden menyatakan kurang, 3) jaminan (assurance) sebanyak 10%
responden menyatakan sangat baik, 51% responden menyatakan baik, 26%
responden menyatakan cukup, dan 13% responden menyatakan kurang, 4) empati
(empathy) sebanyak 12% responden menyatakan sangat baik, 43% responden
menyatakan baik, 29% responden menyatakan cukup, dan 16% responden
menyatakan kurang dan 5) bukti fisik (tangibles) sebanyak 14% responden
menyatakan sangat baik, 48% responden menyatakan baik, 32% responden
menyatakan cukup, dan 6% responden menyatakan kurang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TX Home economics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:10 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:10 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28090 |
