Penggunaan Media Realia dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD No 13 Balai Balai Padang Panjang Barat

Yusniwati, Yusniwati (2011) Penggunaan Media Realia dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD No 13 Balai Balai Padang Panjang Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YUSNIWATI_88236_2011.pdf] Text
final_B1_YUSNIWATI_88236_2011.pdf

Download (174kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru mengajar di SD 13 Balai-
Balai Padang Panjang Barat, guru belum melakukan pembelajaran dengan
memanfaatkan benda-benda yang dapat langsung diamati siswa. Siswa pasif
dalam menerima materi pelajaran, dan siswa sulit memahami materi pelajaran.
Akibatnya hasil belajar IPA siswa rendah. Untuk memperbaikinya, peneliti
mencoba dengan penggunaan media realia melalui penelitian tindakan kelas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: Mendeskripsikan rencana, pelaksanaan dan
hasil belajar siswa dengan penggunaan media realia dalam pembelajaran IPA
kelas VI SD Negeri No 13 Balai-Balai Padang Panjang Barat.
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri No 13 Balai-Balai Padang Panjang
Barat, dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian
terdiri dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus, dilakukan secara
kolaboratif antara peneliti dengan teman sejawat. Data penelitian adalah rencana,
pelaksanaan, dan hasil pembelajaran IPA dengan penggunaan media realia.
Sumber data adalah guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan
penggunaan media realia. Teknik pengumpulan data adalah Instrumen penilaian
kinerja guru (IPKG), lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi aktifitas
siswa, dan Lembar Kerja Siswa (LKS) serta hasil belajar siswa.
Hasil Penelitian adalah sebagai berikut: (1) Rancangan pembelajaran
IPA sudah memuat komponen RPP yaitu: tujuan pembelajaran, materi
pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penialaian hasil belajar.
Penyusunan langkah-langkah RPP sudah sesuai dengan penggunaan media realia.
(2) Pembelajaran IPA dengan penggunaan media realia berdampak positif
terhadap siswa. Hal ini dapat dilihat sewaktu siswa belajar, mereka bergairah dan
bersemangat belajar. Mereka tidak lagi belajar pasif tetapi belajar dengan bendabenda
nyata yang ada di sekitarny. (3) Hasil belajar IPA melalui penggunaan
media realia di SD No 13 Balai-Balai Padang Panjang dapat meningkat. Hal ini
dapat dilihat dari hasil penilaian psikomotor siswa siklus I yaitu dari 67% naik
menjadi 82%. Dan siklus II naik menjadi 90%. Penilaian afektif pada siklus I
yaitu dari 64% naik menjadi 84%. Pada siklus II naik menjadi 93%. Hasil
penilaian kognitif siswa pada siklus I yaitu dari 6,26 naik menjadi 7,18. Pada
siklus II menjadi 8,64.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:09
Last Modified: 29 Oct 2025 09:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28083

Actions (login required)

View Item
View Item