Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menghias Alas Meja Tamu dengan Sulaman Fantasi Melalui Metode Demonstrasi, Latihan dan Kerja Kelompok di SMP N 1 Kecamatan Payakumbuh Kabupaten LimaPuluh Kota

Linda, Evie (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menghias Alas Meja Tamu dengan Sulaman Fantasi Melalui Metode Demonstrasi, Latihan dan Kerja Kelompok di SMP N 1 Kecamatan Payakumbuh Kabupaten LimaPuluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_EVIE LINDA_52802_2012_4562.pdf] Text
final_B1_11_EVIE LINDA_52802_2012_4562.pdf

Download (503kB)

Abstract

Kurangnya motivasi belajar siswa dalam membuat sulaman fantasi,
disebabkan oleh strategi dan metode pembelajaran yang diterapkan guru
kurang tepat dan kurang cocok dengan materi membuat sulaman fantasi.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menghias
alas meja tamu dengan sulaman fantasi pada program pengembangan diri di
SMP N1 Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari
III siklus dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Motivasi belajar siswa dalam
penelitian ini dapat dilihat dari empat indikator yaitu: tekun dalam
mengerjakan tugas menghias alas meja tamu dengan sulaman fantasi, ulet
dalam mencoba materi yang sudah dijelaskan, bersemangat dan merasa senang
dalam membuat/mengerjakan tugas menghias alas meja tamu dengan sulaman
fantasi dan senang bekerja kelompok. Subjek penelitian adalah siswa SMP N1
Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota, berjumlah 24 siswa
dalam program pengembangan diri. Teknik pengumpulan data observasi,
catatan lapangan, analisis data secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada
indikator tekun mengerjakan tugas menghias alas meja tamu dengan sulaman
fantasi pada siklus I 46%, siklus II 66% dan siklus III 88%. Ulet dalam
mencoba materi yang sudah dijelaskan membuat sulaman fantasi pada siklus I
58%, siklusII 66% dan siklus III 82%. Bersemangat dan merasa senang
mengerjakan tugas membuat sulaman fantasi pada siklus I 54%, siklus II 74%
dan siklus III 86%. Senang bekerja kelompok pada siklus I 54%, siklus II 69%
dan siklus III 84%. Rata-rata persentase keempat indikator tersebut pada siklus
I 53%, siklus II 69% dan siklus III 85%, ini berarti motivasi belajar siswa
sudah tercapai target capaian yang sudah ditetapkan yakni 80%. Jadi dengan
metode demonstrasi, latihan dan kerja kelompok pada proses pembelajaran
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam membuat sulaman fantasi
pada alas meja tamu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:07
Last Modified: 29 Oct 2025 09:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28076

Actions (login required)

View Item
View Item