Pengaruh Endorser Iklan dan Brand Image terhadap Sikap Atas Merek Extra Joss

Adelina, Yosi (2011) Pengaruh Endorser Iklan dan Brand Image terhadap Sikap Atas Merek Extra Joss. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YOSI_ADELINA_73876_1601_2011.pdf] Text
final_B1_YOSI_ADELINA_73876_1601_2011.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penggunaan celebrity endorser diharapkan dapat menjadi daya tarik agar khalayak menyaksikan suatu iklan. Penggunaan celebrity endorser sebagai daya tarik iklan (advertising appeal) dinilai dapat mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek yang didukungnnya karena selebriti dapat menjadi kelompok acuan (reference group) yang mempengaruhi sikap konsumen. Pemasar berharap dengan menggunakan selebriti yang telah mempunyai citra positif sebagai endorser dapat membuat konsumen bersikap yang positif pula terhadap Extra Joss. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Sejauhmana pengaruh endorser iklan terhadap brand image Extra Joss, 2) Sejauhmana pengaruh brand image Extra Joss terhadap sikap mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara convinience sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan dengan kriteria tertentu dan subjek ditemui dalam wilayah populasi, dengan jumlah sampel adalah sebanyak 250 orang responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat kausatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik t, untuk menguji apakah variabel eksogen (X) yang digunakan dalam penelitian secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap varaibel endogen (Y), dengan taraf keyakinan 95% dan α = 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan endorser iklan terhadap brand image Extra Joss, 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan endorser dan brand image Extra Joss terhadap sikap mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ENDORSER IKLAN, BRAND IMAGE, SIKAP ATAS MEREK EXTRA JOSS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:06
Last Modified: 29 Oct 2025 09:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28063

Actions (login required)

View Item
View Item