Theresia, Debby (2010) Pengaruh Pelaksanaan Supervisi oleh Kepala Sekolah dan hubungan Teman Sejawat terhadap Kepuasan Kerja Guru di SMA Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_A_DEBBY_THERESIA_48726_2010.pdf
Download (429kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Pengaruh pelaksanaan
supervisi oleh kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMA Negeri 4
Padang (2) Pengaruh hubungan teman sejawat terhadap kepuasan kerja guru di
SMA Negeri 4 Padang (3) Pengaruh pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah
dan hubungan teman sejawat terhadap kepuasan kerja guru di SMA Negeri 4
padang.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Padang dan populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Negeri 4 Padang sebanyak 101 orang
dan didapat sampel sebanyak 50 orang dengan teknik Proportinate stratified
Random Sampling. Jenis data adalah data primer dan data sekunder. Teknik
analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Heterokedastisitas, Uji
Multikolinieritas, Analisis Korelasi dan Uji Hipotesis
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan
antara pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru di
SMA Negeri 4 Padang (Sig = 0.044 < α 0,05) dengan tingkat pengaruh sebesar
0,207. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hubungan teman sejawat
terhadap kepuasan kerja guru di SMA Negeri 4 Padang (Sig = 0,016 < α 0,05)
dengan tingkat pengaruh sebesar 0,344. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan
antara pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah dan hubungan teman sejawat
terhadap kepuasan kerja guru di SMA Negeri 4 Padang (Sig = 0,004 < α 0,05)
dengan tingkat pengaruh sebesar 0,212. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa
pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah berada pada kategori baik (skor 3,81
dengan TCR 76,2%), hubungan teman sejawat berada pada kategori sangat baik
(skor 4,19 dengan TCR 83,89%) sedangkan kepuasan kerja guru berada pada
kategori baik (skor 3,57 dengan TCR 71,38%).
Dari hasil penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah untuk dapat
membuat perencanaan pelaksanaan supervisi dengan lebih baik dan dalam
pelaksanaan supervisi kepala sekolah juga harus memperhatikan situasi dan
kondisi di dalam kelas. Kepada guru-guru, diharapkan untuk lebih meningkatkan
keakraban dan keterbukaan antar sesama sejawat sehingga semakin terciptanya
hubungan harmonis antar sesama guru.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:05 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:05 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28062 |
