Peningkatan Hasil Belajar Pengenalan Pecahan melalui Pendekatan Kooperatif Tipe STAD di Kelas III SD Negeri 03 Balai-Balai Kota Padang Panjang

Syefnita, Syefnita (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pengenalan Pecahan melalui Pendekatan Kooperatif Tipe STAD di Kelas III SD Negeri 03 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_A_SYFENITA_88213_2011.pdf] Text
final_B1_A_SYFENITA_88213_2011.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari refleksi awal peneliti dalam pembelajaran
pengenalan pecahan di kelas III SD Negeri 03 Balai-Balai Kota Padang Panjang.
Dalam hal ini guru masih menerapkan pembelajaran secara konvensional,
sehingga pembelajaran menjadi membosankan bagi siswa. Akibatnya banyak
siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika terutama pada
pembelajaran pengenalan pecahan. Salah satu pendekatan yang bisa diterapkan
oleh guru dalam penyajian pembelajaran diantaranya adalah pendekatan
kooperatif tipe Students Team Achievement Division (STAD).
Pendekatan
kooperatif tipe STAD memiliki langkah-langkah sebagai berikut: 1) persiapan
pembelajaran, 2) penyajian materi, 3) kerja kelompok, 4) tes individual, 5)
penghitungan skor peningkatan individual, dan 6) penghargaan kelompok. Tujuan
dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan,
pelaksanaan, dan hasil belajar siswa melalui pendekatan kooperatif tipe STAD
pada materi pengenalan pecahan sederhana.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan,
3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,
dilakukan dengan cara bekerja sama antara peneliti dengan teman sejawat. Data
penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari
hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes
individual. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 47
orang pada semester II tahun ajaran 2009/2010.
Hasil penelitian siklus I pada pertemuan 1 adalah rata-rata nilai tes
individual siswa 68. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat
menjadi 81. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar
dalam pembelajaran pengenalan pecahan sederhana. Maka dapat disimpulkan
bahwa melalui pendekatan kooperatif tipe STAD pada materi pengenalan
pecahan sederhana dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 29 Oct 2025 09:04
Last Modified: 29 Oct 2025 09:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28056

Actions (login required)

View Item
View Item