Putra, Aldio Kyoto (2018) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa dalam Belajar: Studi Eksperimen terhadap Siswa SMA Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_ALDIO_KYOTO_PUTRA_1300394_907_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Siswa dengan keterampilan bertanya yang rendah cenderung mengalami
hambatan dalam kehidupannya, terutama dalam proses pembelajaran. Salah satu
upaya yang dilakukan guru BK untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa
yaitu melalui layanan penguasaan konten. Namun pada kenyataanya, upaya yang
diberikan guru BK belum mencapai sasaran sesuai yang diharapkan. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat efektivitas layanan penguasaan konten menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan
keterampilan bertanya siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini
termasuk penelitian dengan rancangan Quasy-Experiment jenis The Non
Equivalent Control Group. Tempat penelitian ini SMA N 1 Sungai Limau
Kabupaten Padang Pariaman dengan subjek kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis dengan teknik uji
beda (t-test).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan layanan penguasaan konten
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat
meningkatkan keterampilan bertanya siswa dan lebih efektif digunakan
dibandingkan dengan layanan penguasaan konten tanpa menggunakan model
pembelajaran. Secara khusus temuan pada penelitian ini yaitu : (1) Terdapat
perbedaan yang signifikan pada keterampilan bertanya siswa kelompok
eksperimen sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, (2) Tidak
terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan bertanya siswa kelompok
kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan penguasaan konten
tanpa menggunakan model pembelajaran, (3) Terdapat perbedaan yang signifikan
pada keterampilan bertanya siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Hal ini menunjukan bahwa layanan penguasaan konten menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share efektif untuk meningkatkan
keterampilan bertanya siswa. Dengan demikian, guru bimbingan dan konseling
diharapkan dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa melalui layanan
penguasaan konten menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penguasaan Konten Model Pembelajaran |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
| Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 09:01 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 09:02 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28045 |
