Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Menghias Taplak Meja Dengan Sulaman Aplikasi melalui Metode Pemberian Tugas dan Latihan di SMAN 4 Payakumbuh

Johan, Erna (2012) Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Menghias Taplak Meja Dengan Sulaman Aplikasi melalui Metode Pemberian Tugas dan Latihan di SMAN 4 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_ERNA JOHAN_52803_2012_4365.pdf] Text
final_B1_11_ERNA JOHAN_52803_2012_4365.pdf

Download (358kB)

Abstract

Rendahnya kreativitas siswa dalam menghias taplak meja, disebabkan metode
yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran kurang tepat untuk materi
pembelajaran menghias taplak meja dengan sulaman aplikasi, untuk itu diharapkan
dalam proses pembelajaran guru harus mampu menggunakan metode pembelajaran
yang tepat, sehingga mendapatkan pembelajaran yang diharapkan dan menjadi
penentu bagi keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah
meningkatkan kreativitas siswa membuat sulaman aplikasi pada taplak meja melalui
metode pemberian tugas dan latihan di SMA N 4 Payakumbuh.Kreativitas siswa
dalam penelitian ini dapat dilihat dari empat indikator yaitu: Rasa ingin tahu
siswa,keberanian siswa, menciptakan ide-ide baru, medapatkan pengelaman baru
dalam menghias taplak meja dengan sulaman aplikasi.
Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari II siklus.
Subjek penelitian adalah siswa SMAN 4 Payakumbuh, yang berjumlah 20 orang siswa
dalam kelas pengembangan diri.Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan
Observasi dan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa pada indikator: rasa
ingin tahu pada siklus I rata-rata 54%, siklus II 84%. Keberanian pada siklus I ratarata
56%, siklus II 88%. Menciptakan ide-ide baru pada siklus I rata-rata 57%, siklus
II 87%, dan mendapatkan pengalaman baru pada siklus I rata-rata 63%, siklus II 85%.
Jadi rata-rata kreativitas siswa dalam menghias taplak meja dengan sulaman aplikasi
dengan empat indicator, siklus I 59% dikategorikan kurang dan siklus II 85% baik
sekali, bararti kreativitas siswa sudah tercapai, dengan target pencapaian yang sudah
ditetapkan yaitu 80%. Jadi dengan metode pemberian tugas dan latihan dalam proses
pembelajaran dapat meningkat kreativitas siswa, dalam membuat sulaman aplikasi
pada taplak meja.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:30
Last Modified: 28 Oct 2025 10:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28039

Actions (login required)

View Item
View Item