Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kec. Pauh Kota Padang.

Pesfebriani, Oktavia (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kec. Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_OKTAVIA_PESFEBRIANI_07576_2011.pdf] Text
final_B1_OKTAVIA_PESFEBRIANI_07576_2011.pdf

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru cendrung menggunakan metodeceramah. Hal ini menyebabkan dalam pembelajaran siswa tidak aktif sehinggahasil belajar siswa rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanMeningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakanpendekatan Contextual Teaching And Learning di kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kec.Pauh Kota Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitiantindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN. 15 Ulu Gadut Kec. PauhKota Padang. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan observasi,wawancara, dan tes. Penelitian dilaksanakan atas dalam dua siklus, dimanamasing‐masing siklus terdiri atas 2 kali pertemuan.Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan denganpendekatan CTL menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaranmaupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajarsiswa pada akhir tindakan. Dimana dari aspek kognitif ketuntasan belajar yangdicapai siswa yaitu siklus I pertemuan 1 46% , dan pertemuan II 69%, siklus IIpertemuan 1 adalah 77% dan siklus II pertemuan II 91%. Sedangkan persentasehasil belajar afektif siswa pada siklus I pertemuan I adalah 40% dan pertemuan II69%, Siklus II pertemuan I adalah 77% dan pertemuan II ketuntasan belajar yangdicapai 89%. Sedangkan ketuntasan belajar psikomotor yang dicapai pada siklus Ipertemuan I adalah 49%, pertemuan II adalah 71%. Pada Siklus II padapertemuan 1 terdapat 74%, sedangkan pada pertemuan II adalah 89% .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:27
Last Modified: 28 Oct 2025 10:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28021

Actions (login required)

View Item
View Item