Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas X SMA Baiturrahmah Padang dan SMA Muhammadiyah Batusangkar.

Pradina, Mhita Resti (2011) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas X SMA Baiturrahmah Padang dan SMA Muhammadiyah Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MHITA_RESTI_PRADINA_88651_4309_2011.pdf] Text
final_B1_MHITA_RESTI_PRADINA_88651_4309_2011.pdf

Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang
signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Teams
Games Tournament (TGT) Siswa Kelas X SMA Baiturrahmah Padang dan SMA
Muhammadiyah Batusangkar. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan
signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Teams
Games Tournament (TGT) Siswa Kelas X SMA Baiturrahmah Padang dan SMA
Muhammadiyah Batusangkar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian
ini yaitu siswa kelas X SMA Baiturrahmah Padang dan SMA Muhammadiyah
Batusangkar. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah Purposes Sampling
Method, yang mana pemilihan sampel diambil dari kriteria kelas yang memiliki
rata- rata nilai yang hampir sama antar kelas, sehingga diperoleh kelas X2 pada
SMA Baiturrahmah Padang sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X3 pada SMA
Muhammadiyah Batusangkar sebagai kelas eksperimen 2. Jenis data yang
digunakan adalah data sekunder dan data primer, kemudian data dianalisis dengan
menggunakan uji Z dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan
homogenitas terhadap varians kedua kelas sampel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 1
pada SMA Baiturrahmah Padang 80,25 lebih tinggi dari pada kelas eksperimen 2
pada SMA Muhammadiyah Batusangkar 74,88, dan pada hasil post-test (tes akhir)
diperoleh nilai Zhitung > Ztabel (2.15 > 1.96) yang membuktikan hipotesis diterima
pada taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat
perbedaan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
dengan Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas X SMA Baiturrahmah
Padang dan SMA Muhammadiyah Batusangkar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:27
Last Modified: 28 Oct 2025 10:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28020

Actions (login required)

View Item
View Item