Pengaruh Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas dan Kemampuan Berkomunikasi Mahasiswa PPL-K terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Pariaman.

Oktavia, Dekon (2011) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas dan Kemampuan Berkomunikasi Mahasiswa PPL-K terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_OKTAVIA_DEKOR_65115_2911_2011.pdf] Text
final_B1_OKTAVIA_DEKOR_65115_2911_2011.pdf

Download (254kB)

Abstract

Dibawah bimbingan Ibu Dra.Hj. Mirna Tanjung, MS sebagai pembimbing I dan IbuDra. Armida. S, M.Si sebagai pembimbing IIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh persepsisiswa tentang pengelolaan kelas mahasiswa PPL-K terhadap motivasi belajar siswaSMK N 2 Pariaman, pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan berkomunikasimahasiswa PPL-K terhadap motivasi belajar siswa SMK N 2 Pariaman.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan korelasi, metode deskriptifbertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktualdan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yangdiselidiki. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 2Pariaman. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 orang, diambil dengan teknikproporsional random sampling. Jenis data dalam penelitian ini data primer dan datasekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, skala pengukuranmenggunakan skala Likert, dengan lima alternatif jawaban. Teknik analisis datamenggunakan uji t dan uji F.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang pengelolaan kelasmahasiswa PPL-K secara umum sudah tinggi. Hasil analisis data menunjukkan bahwaterdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelasmahasiswa PPL-K terhadap motivasi belajar siswa, t hitung > t tabel 3,829 > 1,9921.Persepsi siswa tentang kemampuan berkomunikasi mahasiswa PPL-K dapatdikategorikan sedang. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsisiswa tentang kemampuan berkomunikasi mahasiswa PPL-K terhadap motivasi belajarsiswa, t hitung > t tabel 2,209 > 1,9921. Hasil analisis ini menunjukan bahwa terdapatpengaruh secara bersama-sama persepsi siswa tentang pengelolaan kelas mahasiswaPPL-K dan kemampuan berkomunikasi mahasiswa PPL-K terhadap motivasi belajarsiswa SMK Negeri 2 Pariaman, f hitung> f tabel 10,446 > 2,742. Berdasarkan hasilpenelitian maka diketahui bahwa 22,0 % persepsi siswa tentang pengelolaan kelas danpersepsi siswa tentang kemampuan berkomunikasi mahasiswa PPL-K mempengaruhimotivasi belajar siswa SMK Negeri 2 Pariaman. Artinya semakin positif persepsisiswa tentang pengelolaan kelas dan kemampuan berkomunikasi mahasiswa PPL-Kmaka semakin tinggi motivasi belajar siswa di SMK N 2 Pariaman.Saran yang penulis ajukan kepada mahasiswa PPL-K agar lebih meningkatkankemampuan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah serta bersikapramah terhadap siswa. Kepala sekolah agar membimbing mahasiswa PPL-K dalampelaksanaan pembelajaran di sekolah, kepada siswa agar lebih meningkatkankeinginan dan dorongan belajarnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGELOLAAN KELAS, KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:26
Last Modified: 28 Oct 2025 10:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28014

Actions (login required)

View Item
View Item