Erwandi, Yori (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun dengan Menggunakan Media Gambar bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 12 Padanglua Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YORI ERWANDI_07537_2011.pdf
Download (529kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan siswa dalam menulis pantun diSekolah Dasar. Hal ini disebabkan oleh dalam pembelajaran guru kurang dalam mempergunakan media dalam mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis pantun dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Perancangan penelitian disusun meliputi : 1) lokasi penelitian 2) subjek penelitian, 3) waktu / lama penelitian 4) siklus dan alur penelitian 5) refleksi awal 6) perencanaan 7) pelaksanaan 8) pengamatan dan 9) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 12 Padanglua, yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan catatan lapangan. Hasil yang dicapai dari 12 siswa selama belajar pada siklus I dengan menulis pantun pada tahap pramenulis diperoleh nilai 74, saatmenulis diperoleh nilai 74, dan pascamenulis diperoleh nilai 75. Jadi masih dikategorikan belum sepenuhnya berhasil. Pada siklus 2 terlihat hasil belajar siswa tahap pramenulis dengan pemilihan objek pada gambar yang diinginkan seperti perahu dan menimajinasikan objek atau gambar yang telah dipilih didapatkan nilai 90. tahap saatmenulis siswa mengkreasikan objek dengan kata – kata, meringkas dan mengembangkan kata menjadi sebuah larik dan memadukan dan mengolah larik – larik menjadi bait – bait pantun diperoleh nilai 92. Sedangkan pada tahap pascamenulis siswa secara bergantian kedepan kelas membacakan pantun dengan lafal dan ekspresi yang tepat diperoleh nilai 90. Pada siklus II hasil yang dicapai lebih baik, setelah dilakukan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Oleh sebab itu, disarankan agar guru dapat melaksanakan menulis pantun melalui media gambar yang telah dipilih dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil dan minat siswa. Dapat disimpulkan dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis pantun terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis pantun bagi siswa kelas IV SDN 12 Padanglua Kabupaten Agam.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MENULIS PANTUN, MEDIA GAMBAR |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 10:25 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 10:25 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28011 |
