Hadi, Abdul (2009) Pengaruh Tugas Tambahan dan Jumlah Jam Mengajar Terhadap Motivasi Mengajar Guru di SMA N 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ABDUL HADI 61235-04-09.pdf
Download (170kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang
Pariaman bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh tugas tambahan terhadap
motivasi mengajar guru di SMA N 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman.
(2) Pengaruh jumlah jam mengajar terhadap motivasi mengajar guru SMA N 1
Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman(3) Pengaruh tugas tambahan dan
jumlah jam mengajar terhadap motivasi mengajar guru di SMA N 1 Nan Sabaris
Kabupaten Padang Pariaman.
Penelitian ini digolongkan pada penelitian deskriprif dan korelasi. Jenis
data adalah data primer dan sekunder yang didapat dari responden guru SMA N 1
Nan Sabaris dan Tata Usaha SMA N 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman.
Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 71 orang guru dan sampel di tetapkan
61 orang guru. Variabel penelitian terdiri dari tugas tambahan (X1), dan jumlah
jam mengajar (X2) sebagai variabel bebas, dan motivasi mengajar guru (Y)
sebagai variabel terikat. Teknik analisis yang digunakan adalah (1) analisis
deskriptif dan (2) analisis Induktif yang terdirir atas uji multikollinearitas, uji
normalitas, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis (uji t dan uji F).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara tugas tambahan dan jumlah jam mengajar terhadap motvasi
mengajar guru (sig = 0.039) dengan tingkat pengaruh sebesar 1,436 (2) Terdapat
pengaruh yang signifikan antara jumlah jam mengajar terhadap motivasi mengajar
guru(sig = 0,000) dengan tingkat pengaruh 1,971 (3) Secara bersama-sama
terdapat pengaruh yang signifikan antara tugas tambahan dan jumlah jam
mengajar terhadap motivasi mengajar guru SMA N 1 Nan Sabaris Kabupaten
Padang Pariaman (sig = 0,000) dengan nilai F hitung 13,159. Selanjutnya
sumbangan secara bersama-sama tugas tambahan dan jumlah jam mengajar
terhadap motivasi mengajar adalah sebesar 37%. Untuk variabel motivasi
mengajar responden dapat dikategorikan memiliki motivasi yang baik. Hal ini
dapat diketahui dari total capaian responden sebesar 76,60% dan nilai rerata
sebesar 3,83 Selanjutnya untuk rata-rata tugas tambahan guru adalah 10 jam dan
jam mengajar 14 jam dalam satu minggu.
Akhirnya berdasarkan temuan ini penulis menyarankan agar guru untuk
tugas tambahan secara baik dan melaksanakan tugas wajib dengan sebaik-baiknya
sebagai pendidik. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk dapat mengkaji
dan meneliti berbagai faktor-faktor yang dominan yang mempengaruhi motivasi
mengajar guru.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 10:24 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 10:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28008 |
