Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Produktif Siswa Jurusan Tata Busana SMK Negeri 1 Ampek Angkek

Febriany, Eka (2014) Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Produktif Siswa Jurusan Tata Busana SMK Negeri 1 Ampek Angkek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_EKA_ PEBRIANY_94232_2014.pdf] Text
final_B1_11_EKA_ PEBRIANY_94232_2014.pdf

Download (946kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis rendahnya hasil
belajar siswa Jurusan Tata Busana pada SMK Negeri 1 Ampek Angkek yang
menyebabkan permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran
produktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecendrungandisiplin
belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif, kemudian untuk
melihat hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar serta mengukur keeratan
hubungan kedua variabel tersebut.
Jenis penelitian ini yaitu deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X dan XI jurusan Tata Busana SMK Negeri 1 Ampek Angkek
yang berjumlah 47 orang dan seluruh populasi dijadikan sampel. Sebagai instrumen
untuk mengetahui disiplin belajar siswa menggunakan angket (kuisioner) yang sudah
diuji validitas dan reliabilitasnya, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar pada
mata pelajaran produktif diperoleh dari dokumentasi dari guru bidang studi. Teknik
analisis data menggunakan Persentase Tingkat Capaian Reponden (TCR), analisis
korelasi menggunakan Pearson Correlation ProductMoment dan dilanjutkan dengan
Uji t untuk analisis keberartian korelasi dan untuk menguji hipotesis menggunakan
analisa koefisien korelasi dan analisa keberartian koefisien korelasi. Uji hipotesis
yang diajukan yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin
belajar dengan hasil belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X dan XI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase tingkat pencapaian
responden pada indikator disiplin belajar disekolah sebesar 61% dengan kategori
rendah dan pada indikator disiplin belajar dirumah diperoleh skor sebesar 63%
dengan kategori rendah, secara keseluruhan persentase pencapaian responden pada
variabel disiplin belajar siswa diperoleh skor 62% dengan kategori rendah.
Sedangkan hasil belajar mata pelajaran produktif sebagian besar siswa memperoleh
nilai yang tidak tuntas yaitu sebesar 66% dan hanya 34% siswa yang tuntas.Analisis
korelasi berada pada skor 0,608 dengan interprestasi korelasi yang kuat, uji
keberartian korelasi menunjukkan harga t hitung > t tabel (21,004>2,021) yang
berarti bahwa Ha yang berbunyi terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
disiplin belajar dengan hasil belajar mata pelajaran produktif siswa Jurusan Tata
Busana SMK Negeri 1 Ampek Angkek diterima dengan taraf signifikan 95%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:24
Last Modified: 28 Oct 2025 10:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28007

Actions (login required)

View Item
View Item